Media

Language

Last updated on 08 Jan 2018

Survive January on a Student Budget.jpg

Oleh Kristantinova

Natal dan tahun baru telah usai. Liburan pun telah usai. Aktivitas belajar dan bekerja telah kembali dimulai seperti biasanya. Alangkah indahnya bisa mengawali tahun dengan semangat yang baru. Tetapi, bagaimana jika semangatmu justru menurun di awal tahun karena isi dompetmu yang menipis setelah merayakan akhir tahun? Apalagi sebagai murid internasional, mengatur keuangan adalah hal yang penting untuk bisa bertahan hidup di negara orang lain. Jangan khawatir! Berikut adalah beberapa tips untuk bisa menjaga keuanganmu tetap stabil di bulan Januari.

Membuat rencana keuangan

Kamu bisa membuat list mengenai hal-hal dasar apa saja yang harus kamu bayar setiap bulannya, misalnya biaya sewa tempat tinggal dan kebutuhan dasar seperti makanan dan kebutuhan sanitari. Setelah kamu membuat list, akan lebih mudah bagimu untuk melihat berapa sisa uangmu yang dapat kamu gunakan untuk keperluan lainnya. Hal ini penting dilakukan supaya kamu tahu benar pengeluaranmu dan dapat memantaunya.

Melakukan perbandingan harga saat belanja keperluan sehari-hari

Jika mungkin biasanya kamu sudah terbiasa menggunakan suatu barang dengan merek tertentu dan tidak terlalu melirik merek lain, mungkin sekarang saatnya kamu memperhatikan merek-merek lain tersebut. Jika kamu bisa memperoleh kegunaan yang sama dari suatu barang dengan harga yang lebih murah, mengapa tidak membeli yang lebih murah?

Berbelanja di malam hari

Jika biasanya kamu berbelanja keperluan sehari-harimu di siang hari, cobalah untuk berbelanja di malam hari khususnya untuk belanja makanan. Pada malam hari, beberapa makanan seperti roti dan daging akan menjadi lebih murah sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaranmu.

Memanfaatkan kartu pelajar sebaik-baiknya

Menjadi seorang pelajar di negara-negara di Eropa menjadi suatu keuntungan karena kamu memiliki kartu pelajar yang dapat memberikanmu harga spesial di berbagai macam tempat. Manfaatkan kartu pelajarmu dengan baik agar kamu bisa lebih menghemat pengeluaranmu. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu ISIC yang merupakan kartu diskon bagi pelajar internasional. Kamu bisa cari tahu daftar tempat-tempat yang mendapat potongan harga menggunakan kartu ISIC di sini.

Carilah aktivitas yang tidak terlalu mengeluarkan banyak uang

Jika pada bulan Desember kamu mungkin banyak menghabiskan uang untuk jalan-jalan dan makan-makan, kamu bisa memilih aktivitas yang lebih hemat di bulan Januari. Jika teman-temanmu mengajak untuk pergi makan di restoran mahal atau pergi ke tempat-tempat yang bertiket masuk mahal, kamu harus berani untuk mengatakan tidak dan kamu bisa menyarankan aktivitas lain yang juga menyenangkan tapi tidak terlalu banyak menghabiskan uang. Kamu tetap bisa bersosialisasi dan berkumpul dengan temanmu meskipun tidak mengeluarkan banyak uang, misalnya menonton film di rumah temanmu atau mengikuti acara-acara gratis yang diselenggarakan kampusmu. Kamu bisa cari tahu hal-hal lain yang bisa kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang pada artikel berikut ini.

Berhenti berbelanja hal-hal yang tidak kamu butuhkan

Apakah kamu sering menghabiskan uang untuk berbelanja baju, buku, produk kecantikan, games, atau hal-hal lainnya terkait hobimu? Jika ya, kamu harus berhenti membelanjakan uangmu untuk hal-hal tersebut di bulan Januari jika kamu ingin melewati bulan ini dengan kondisi keuangan yang aman dan terkendali.