Media

Language

Tips Hemat Selama Belajar di Luar Negeri

Last updated on 23 Nov 2017

How to save money as an international student.jpg Sumber: flickr.com

Oleh Kristantinova

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri maka kamu diharuskan untuk bisa hidup mandiri dan tidak banyak bergantung kepada orang lain, apalagi orang tua. Pada momen itulah kamu diharapkan bisa menggunakan uang dengan sebijaksana mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat pengeluaranmu selama berkuliah di luar negeri.

1. Belajar memasak dan membeli bahan makanan di pasar tradisional

Belajar memasak dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran makanmu. Apabila kamu bisa memasak, tentu kamu tidak akan banyak mengeluarkan uang untuk membeli makanan dari luar. Hal yang kemudian harus diperhatikan ketika kamu ingin memasak adalah membeli bahan makanan di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan di pasar tradisional tentu lebih murah dibandingkan dengan supermarket. Selain itu, apabila kamu mempelajari resep masakan khas daerahmu, kamu tidak hanya menghemat pengeluaran tetapi juga bisa melepas rindu akan masakan rumah.

2. Bawalah barang-barang yang bisa kamu bawa dari rumah

Ketika kamu pergi sebagai pelajar internasional, maka maskapai penerbangan biasanya akan memberikan jatah koper ekstra untukmu. Manfaatkan hal tersebut untuk membawa barang-barang penting yang bisa kamu bawa dari rumah agar saat kamu berada di perantauan, kamu tidak perlu lagi membeli barang-barang tersebut disana. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaranmu disana karena kamu telah mempersiapkannya sebelum berangkat.

3. Belanja di malam hari

Kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan berbelanja makanan di malam hari. Pada kebanyakan supermarket dan toko makanan, harga makanan seperti daging, roti, dan kue yang memang tidak bisa tahan lama dan sudah hampir dekat dengan batas kadaluwarsanya, akan didiskon pada malam hari. Kamu bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk membeli makanan dengan harga murah.

4. Banyak bertanya mengenai diskon pelajar

Sebenarnya ada banyak toko yang memberikan potongan harga bagi para pelajar namun mereka tidak mengiklankannya secara langsung. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya. Bawalah kartu tanda pengenal universitasmu kemanapun kamu pergi dan pastikan untuk selalu bertanya mengenai potongan harga bagi pelajar. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kartu ISIC (International Student Discount Card) yang bisa menjadi kartu diskonmu dimana pun kamu berada.

5. Mencari olahraga gratis

Menghemat pengeluaran bukan berarti kamu tidak bisa menjaga kebugaran tubuhmu. Daripada menghabiskan uang setiap bulannya untuk membayar gym, kamu bisa melakukan olahraga lain yang tidak perlu mengeluarkan uang sepersen pun, misalnya lari pagi atau lompat tali. Kamu bisa menjaga tubuhmu tetap sehat tanpa mengkhawatirkan pengeluaranmu.

6. Aktif mengikuti acara-acara kampus

Pada beberapa acara kampus, biasanya ada hal-hal yang diberikan secara cuma-cuma, misalnya makanan atau suvenir seperti notes atau bahkan kaos. Jika kamu bergabung dan aktif dalam organisasi kampus, selain kamu akan banyak mendapatkan teman dan pengalaman baru, kamu juga bisa mendapatkan banyak hal secara cuma-cuma apabila organisasimu sedang mengadakan acara tertentu.

7. Membiasakan diri untuk berjalan kaki

Kamu bisa menghemat pengeluaranmu untuk transportasi dengan berjalan kaki ke tempat-tempat yang cukup dekat untuk didatangi. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu bisa melihat-lihat dan menikmati pemandangan sepanjang perjalananmu yang mungkin tidak bisa kamu nikmati jika kamu bepergian menggunakan bus, kereta atau taksi.

8. Gunakan sepeda

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk berkeliling kota tanpa perlu mengeluarkan uang banyak, selain berjalan kaki, adalah dengan menggunakan sepeda. Kamu bisa membeli sepeda bekas atau menyewa sepeda publik untuk berkeliling kota. Keunggulan dari bersepeda adalah kamu tidak terlalu lelah seperti berjalan kaki tetapi kamu bisa tetap berkeliling ke sudut kota dengan mudah tanpa mengeluarkan ongkos yang terlalu mahal.

9. Memahami rute transportasi publik

Biasanya satu daerah akan memiliki lebih dari satu transportasi publik. Kamu harus pandai-pandai mencermati rute transportasi di daerah tempat tinggalmu dengan baik dan carilah transportasi yang dapat membawamu ke tempat yang sama dengan tarif yang lebih murah.

10. Berbagi kamar dengan orang lain

Kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan bahkan tahunanmu dengan berbagi kamar dengan orang lain. Apabila kamu berbagi kamar dengan orang lain, kamu tidak hanya menghemat biaya sewa kamar tetapi juga menghemat pengeluaran untuk listrik, gas, pemeliharaan, dan makanan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan akomodasi dengan lokasi yang lebih strategis. Kamu bisa menyewa di daerah kota yang aksesnya lebih mudah dengan berbagi kamar dengan orang lain dibandingkan menyewa di daerah yang lebih pinggiran untuk satu kamar sendiri namun aksesnya lebih sulit.