Media

Language

Sudah Dapat Beasiswa? Berikut Cara Mempertahankannya

Last updated on 14 Nov 2017

Artikel 4.jpg Sumber: pxhere.com

Oleh: Kristantinova

Bisa memperoleh beasiswa studi ke luar negeri tentu menjadi sesuatu yang patut dibanggakan karena proses untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Namun perlu diketahui bahwa perjuanganmu belum selesai sampai disitu. Tentu setelah memperoleh beasiswa, kamu ingin mempertahankan beasiswa tersebut hingga studimu di luar negeri selesai. Akan tetapi, mempertahankan beasiswa bisa dikatakan tidaklah mudah. Meskipun setiap beasiswa memiliki kriteria yang berbeda-beda, tetapi berikut ini adalah beberapa hal dasar yang harus diperhatikan untuk mempertahankan beasiswamu.

1. Nilai Akademik

Setiap beasiswa memiliki standar dan kriteria yang berbeda satu sama lain. Namun semuanya pasti meminta kamu untuk bisa mempertahankan nilai akademikmu dengan baik sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Apabila kamu menemui kesulitan dalam studi akademikmu, pastikan kamu aktif dan banyak bertanya kepada dosen/pengajar disana supaya kamu dapat mempertahankan nilai-nilaimu di atas standar yang ditetapkan oleh beasiswamu.

2. Sikap dan Perilaku

Selain nilai akademik, sikap dan perilaku juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Kamu harus bisa berperilaku baik dan disiplin baik saat berada di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat tempatmu belajar. Pastikan kamu menghadiri kelas sesuai dengan kredit yang telah kamu ambil. Mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh universitas dan berteman baik dengan masyarakat disana dapat membantu mempertahankan beasiswamu. Sebagai contoh, apabila kamu sering datang terlambat di kelas atau terkena kasus plagiarisme dalam mengerjakan tugas-tugasmu, tentu akan menjadi catatan buruk dan dapat berdampak pada beasiswamu.

3. Pertukaran Jurusan/Perpindahan Universitas

Bertukar jurusan atau berpindah universitas dapat berdampak pada beasiswa yang kamu terima. Ada beberapa beasiswa yang hanya dapat berlaku pada jurusan dan universitas tertentu. Jika kamu memutuskan untuk bertukar jurusan atau berpindah universitas dan tidak ingin kehilangan beasiswamu, pastikan beasiswamu mencakup jurusan dan universitas tersebut.

4. Penggunaan Uang Beasiswa

Pastikan kamu menggunakan uang beasiswa yang kamu peroleh sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Apabila kamu menggunakan uang beasiswamu untuk hal-hal lain di luar kepentingan studimu (uang sekolah, asrama, buku, dll) maka ada kemungkinan kamu akan kehilangan beasiswamu. Pastikan untuk bertanya kepada pihak pemberi beasiswa sebelum kamu menggunakan uang beasiswamu untuk kepentingan lain.

Kehilangan sesuatu yang kamu dapatkan dengan susah payah pasti tidak menyenangkan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan kamu memahami betul kriteria beasiswa yang kamu dapatkan dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mempertahankannya. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada pihak penyelenggara beasiswa jika ada hal-hal yang membingungkan atau tidak kamu mengerti. Jika kamu sudah terlanjur kehilangan beasiswamu, cobalah untuk bertanya apakah ada kebijakan atau syarat yang dapat kamu penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswamu kembali.