Media
Language

Studi di Austria? 5 Tokoh Dunia Ini Bisa Jadi Inspirasi

Last updated on 13 May 2018

austria.jpg Photo by Jacek Dylag via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Ada sebuah negara kecil secara geografis. Terkurung oleh daratan di tengah-tengah Eropa Tengah, diapit Jerman, Ceko, Italia, dan Swiss. Negara itu bernama Austria, atau dalam bahasa Latin disebut Marchia Orientalis, yang berarti perbatasan timur. Bagian barat dan selatan negara ini terletak di Pegunungan Alpen. Membuatnya beriklim dingin (temperate climate). Sangat mudah menemukan destinasi menarik untuk olahraga di musim dingin.

Austria juga kerap menjadi destinasi pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studi. Kualitas dan sistem pendidikan di negara dengan ibukota Wina tersebut tak kalah baik dengan negara-negara Eropa lain. Sudah banyak tokoh dunia yang pernah meninggalkan jejak di sana. Mereka merupakan tokoh-tokoh dunia yang memiliki peran penting atas terciptanya karya-karya fenomenal di berbagai bidang.

Penasaran siapa mereka? Yuk, kita kenalan. Barangkali saja kamu yang selanjutnya menjadi tokoh besar setelah menjalani studi di sana.


Untuk daftar lengkap universitas di Austria, klik di sini.


1. Wolfgang Amadeus Mozart

Bagi kamu para pencinta seni musik, pastinya tak asing lagi ketika mendengar nama Mozart. Pria kelahiran 27 Januari 1756 ini merupakan musisi ternama yang disebut-sebut sebagai salah satu legenda musik dunia. Ia adalah seorang anak “ajaib” yang sejak usia lima tahun sudah dapat bermain biola dan keyboard.

Ya, Mozart merupakan salah satu tokoh dunia yang lahir di Austria. Dia lahir di Kota Salzburg, salah satu kota di Austria yang terletak di utara Pegunungan Aphen. Sejak berusia 25 tahun, Mozart pindah ke Ibukota Austria, Wina, dan bekerja sebagai musisi pengadilan. Meski meninggal di usia 35 tahun, Mozart telah menghasilkan lebih dari 600 karya. Hingga kini, musik-musiknya masih dicintai oleh berbagai kalangan.

2. Friedrich August von Hayek

Di bidang ekonomi, ada Friedrich August von Hayek. Hayek adalah seorang ahli ekonomi Inggris yang berasal dari Austria. Pada tahun 30-an, Hayek merupakan tokoh terpenting dari aliran ekonomi neoliberalisme. Hayek terkenal juga dengan julukan ultra-liberal. Sebagian kalangan juga menyebutnya sebagai Bapak Neoliberalisme.

Hayek juga merupakan penerima Novel di bidang Ekonomi atas berbagai penelitiannya tentang teori uang, konjungtur, serta analisis yang tajam mengenai berbagai gejala ekonomi, sosial dan kelembagaan dalam masyarakat. Banyak buku karangannya yang memiliki pengaruh besar terhadap pandangan ekonomi dunia, antara lain Monetary theory and trade cycle (1929), Price and production (1931), Studies in philosphy, politics and economics (1976), dan masih banyak lagi.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Austria.


3. Ivan Illich

Ivan Illich lahir 4 September 1926 di Wina. Dia sebenarnya adalah pastor Katolik Roma, tapi dia juga banyak dikenal seorang "pengkritik sosial yang tidak konvensional". Kontribusinya di bidang pendidikan, kedokteran, kerja, penggunaan energi, pembangunan ekonomi, hingga transportasi, memberikan sumbangsih besar terhadap berbagai pemikiran dunia.

Illich merupakan pendiri Centro de Documentación Intercultural, mendapatkan penghormatan untuk memimpin seminar-seminar penelitian tentang Institusional Alternative In a Technological Society dengan memfokuskan studi-studi tentang Amerika Latin, menjadi profesor tamu di Gottingen dan berlin di Jerman, serta menjadi pengajar di Berkeley, California, Amerika Serikat. Illich juga telah menerbitkan buku-buku ilmiah yang hingga saat ini masih sering dirujuk oleh berbagai kalangn.

4. Sigmund Freud

Freud merupakan pendiri aliran psikoanalisis, salah satu aliran penting dalam ilmu psikologi. Ia tinggal dan besar di Wina, Austria, sejak berusia empat tahun, hingga berusia 82 tahun. Setelah itu, tepatnya pada 1938, kondisi politik Austria memaksanya pindah ke London. Ia meninggal dunia di London, Inggris, setahun setelah kepindahannya.

Teori-teori Freud serta caranya mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Wina pada sekitar abad ke-19 dan masih tetap menjadi pembahasan hingga saat ini. Meski begitu, berkat keberadaan, serta teori-teori kontroversialnya itulah lahir tokoh-tokoh psikologi lain yang selanjutnya memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu psikologi di dunia, seperti Carl Jung, Alfred Adler, bahkan anaknya sendiri, Anna Freud.


Universitas Populer di Austria: University of Innsbruck


5. Karl Raimund Popper

Karl Popper juga merupakan salah satu tokoh dunia kelahiran Austria, tepatnya Wina. Meski begitu, ia dikenal sebagai salah satu kritikus yang paling tajam terhadap gagasan lingkaran Wina. Karena lingkaran ini dianggap menjadi mesin yang memproduk dan pengembang aliran neopositivistik, yang pro terhadap metode berfikir induktivistik.

Pengaruh Popper semakin besar ketika ia banyak diundang untuk memberikan ceramah dan kuliah tamu di Eropa, Amerika, Jepang dan Australia. Ia banyak kenal secara pribadi dengan ahli-ahli kimia modern besar seperti, Albert Einstein, Neil Bohr, Edwin Schrodinger. Menjelang akhir hayatnya, atas bantuan orang lain, karya-karyanya diterbitkan dalam bentuk buku. Salah satu buku yang paling penting pada periode terakhir ini adalah A World of Propensities (1999) di mana ia menguraikan pemikiran definitifnya tentang probabilitas dalam logika dan Ilmu Pengetahuan.

+++

Itu dia nama tokoh besar Austria yang kontribusi dan karya-karyanya menjadi khazanah keilmuan penting di dunia. Terakhir nih, kamu juga harus tahu meskipun Austria secara geografis kecil, tapi negara ini termasuk 10 peringkat teratas, negara pintar dengan rata-rata IQ penduduk tertinggi di dunia lho. Jadi, dengan berbagai prestasi dan fakta tentang kualitas pendidikan di Austria tersebut, masih ragu melanjutkan studi di sana? Jangan. Lebih baik kamu pilih kampus terbaik untukmu, lalu persiapkan diri untuk belajar di sana. Siapa tahu, tokoh dunia selanjutnya itu kamu.


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Austria, klik di sini.