Media

Language

Stuck Saat Belajar? Ini Tips nya!

Last updated on 06 Dec 2017

photo-1456406644174-8ddd4cd52a06.jpg

Oleh Nurchalimah

Sebagai seorang siswa tentu belajar sudah menjadi rutinitas. Tapi faktanya masih banyak di antara kamu yang tidak suka belajar. Bahkan seseorang yang menyukai kegiatan ini ada kalanya merasa bosan, tidak mood atau merasa stuck dengan belajar. Jika ini terjadi di hari-hari biasa dan jarang terjadi mungkin dampaknya tidak terlalu besar. Tapi apa yang akan kamu lakukan jika hal ini terjadi di tengah-tengah tugas yang antri untuk diselesaikan. Rasa marah dan frustasi tidak akan ada gunanya kan?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips belajar yang bisa diterapkan untuk kamu yang tidak suka ataupun stuck dalam belajar:

Belajar Bersama Teman

Teman seringkali bisa menjadikan segalanya terasa lebih baik dan belajar termasuk dalam salah satunya. Jika kamu termasuk tipikal orang yang tidak suka belajar maka belajar bersama teman adalah solusi yang cukup baik.

Teman yang bisa kamu ajak belajar tidak hanya berpusat pada teman sekelas. Lebih dari itu kamu sebenarnya hanya membutuhkan orang lain melakukan hal yang sama untuk merasa termotivasi dalam belajar. Saat kamu merasa stuck dalam belajar, keberadaan teman di sekitarmu akan membuat suasana belajar lebih hidup dan kamu bisa berdiskusi atau bersenang-senang sejenak untuk menghilangkan penat.

Belajarlah Dengan Cara yang Berbeda

Belajar hanya dengan membaca buku sangatlah membosankan dan dijamin kamu tidak akan bertahan lama. Bahkan seringkali kegiatan belajar yang mainstream ini tidak membuatmu bisa mempelajari apapun. Karena itu cobalah untuk belajar dengan cara yang berbeda. Mengingat buku menjadi salah satu pedoman utama dalam belajar, maka kamu tidak bisa meninggalkannya.

Sebaliknya manfaatkan catatan untuk menulis beberapa poin penting dalam buku. Memberikan highlight secara langsung di buku juga bisa membuat belajar lebih menyenangkan. Atau kamu juga bisa mencoba sebuah metode belajar yang dikenal dengan nama Leitner System, di mana cara ini akan membantumu mengingat poin-poin atau fakta penting dengan flashcard.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini untuk mendapatkan materi tambahan dengan lebih mudah. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pintar yang bisa membantumu belajar.

Perhatikan Kondisi Tubuh Kamu

Meskipun terlihat sepele, faktanya belajar membutuhkan persiapan mental dan juga tenaga. Belajar dengan interval terlalu sering bisa membuat kepalamu sakit. Lebih buruk lagi, jika kamu memaksakan untuk tetap belajar meskipun kondisi tidak memungkinkan.

Untuk mengatasi semua ini, kamu harus bisa mengatur waktu belajar dan istirahat. Istirahat di sini tidak berarti hanya tidur saja melainkan lebih kepada mengistirahatkan otak dari tekanan materi yang harus diserap. Setelah beberapa jam belajar ada baiknya bagi kamu untuk keluar rumah sebentar agar mata dan otak terasa lebih segar. Sebaiknya hindari me-refresh otak dengan menonton TV ataupun beraktivitas dengan gadget dan laptop ya.

Hindari Media Sosial

Ada banyak sekali faktor yang bisa mengganggu kegiatan belajar dan salah satunya adalah aktivitas di media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan aplikasi sejenis lainnya bisa sangat menggoda saat kamu sedang belajar.

Bahkan ada beberapa orang sibuk berbelanja online saat belajar hanya karena tiba-tiba mendapat pemberitahuan bahwa barang favoritnya sedang diskon. Karena itulah penting untuk menjauhkan diri dari hal-hal ini saat belajar.

Cari Tahu Alasan Ketidaksukaanmu Pada Belajar

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan bertanya pada diri sendiri mengapa kamu tidak suka belajar. Cari tahu alasannya dan juga solusinya.

Misalkan kamu tidak suka belajar mata kuliah tertentu karena dosennya, maka kamu bisa mencari kelas lain dengan dosen yang berbeda. Atau jika kamu tidak suka belajar karena suasana yang ramai maka kamu bisa belajar di tempat yang sepi dan tenang.

Intinya, kenali dirimu sendiri dan cobalah termotivasi untuk tetap belajar apapun yang terjadi.

Belajar itu menyenangkan kok!