Media

Language

Serunya Menjelajahi Kota Baru

Last updated on 03 Dec 2017

Tips in exploring the city.jpg

Oleh Nurchalimah

Kuliah adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai hal baru yang mungkin belum bisa kamu lakukan saat masih SMA. Salah satunya adalah menjelajahi kota yang akan kamu tinggali selama menempuh pendidikan di universitas. Dengan menjelahi dan mengenali kota maka kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk kehidupan universitasmu selama di kota itu. Yuk simak beberapa tips seru dalam menjelajahi kota baru berikut ini:

1. Naik Transportasi Umum

Salah satu cara terbaik untuk menjelajahi kota baru adalah dengan naik transportasi umumnya. Untuk sampai ke sebuah tempat, kamu tidak hanya fokus pada tujuan. Lebih dari itu kamu juga perlu memperhatikan segala hal yang terlihat saat kamu menuju destinasi itu.

Dengan menggunakan transportasi umum maka ini membuatmu bisa melihat kehidupan dan aktivitas sebuah kota secara menyeluruh. Poin plusnya, transportasi umum seperti tram, kereta, subway dan sebagainya tentu lebih murah dibandingkan dengan taksi.

Ingin lebih seru lagi? Kamu bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi kota bersama teman ataupun sendirian.

2. Hindari Rencana yang Terlalu Sempurna

Untuk bisa menjelajahi sebuah kota, sehari dua hari memang tidak cukup. Kamu perlu meluangkan waktu di akhir pekan atau saat libur kuliah untuk bisa semakin mengenal kota yang kamu tinggali. Satu hal yang pasti, saat kamu membuat rencana untuk berkeliling kota atau mengunjungi spot-spot terkenal sebaiknya jangan membuat rencana yang padat dan terlalu sempurna. Selalu atur agar ada waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak masuk radar sebelumnya.

3. Jangan Takut Tersesat

Saat menjelajahi sebuah kota, rencana perjalanan memang cukup penting. Tapi ini tidak berarti kamu harus selalu berpegang pada rencana tersebut. Sekali-sekali cobalah untuk turun di stasiun secara acak lalu jelajahi wilayah di sekitarnya. Mungkin kamu bisa menemukan hal menarik lain dari kota itu yang tidak pernah kamu bayangkan. Jangan ragu untuk tersesat sedikit karena selain mengajarkanmu untuk survive, tersesat juga bisa mempertemukanmu dengan sesuatu yang baru dan hebat.

4. Berinteraksi Dengan Orang Asing

Berada di sebuah kota yang asing tentunya membuat kamu harus berani keluar dari zona nyaman. Saat berkeliling kota dan mencoba mengenali setiap sudutnya, pastikan bahwa kamu juga memberanikan diri untuk berinteraksi dengan warga lokal ataupun warga asing di kota itu.

Sebagai individu yang baru di kota tersebut, jangan mengucilkan diri karena kamu tidak pernah tahu jika suatu saat kamu dan mereka akan saling membutuhkan. Selain bisa menambah wawasan, berinteraksi dengan orang asing akan membuatmu memiliki lebih banyak teman dan koneksi.

Interaksi yang dilakukan bisa kamu mulai dengan mempelajari bahasa lokal. Setidaknya kuasai beberapa kalimat dasar atau umum yang mungkin akan kamu gunakan saat berkomunikasi dengan warga lokal seperti

"Bagaimana kabarmu?"

"Siapa namamu?"

"Di mana toiletnya?"

"Berapa harganya?"

Dan lain sebagainya. Salah satu jalan terbaik untuk menguasai bahasa adalah dengan mengenali pola kalimatnya.

5. Miliki Diary

Diary juga diperlukan untuk mengeksplor kota yang baru kamu tinggali. Kamu tidak harus menulis menulis segala hal yang kamu lakukan sehari-hari. Sebaliknya cobalah untuk menulis beberapa moment atau hal-hal penting dan berkesan seperti tempat-tempat yang sudah kamu kunjungi, restoran favoritmu atau hal-hal lain yang mungkin bermanfaat kedepannya.

6. Kuliner Wajib Dicoba

Meskipun misimu adalah menyelesaikan studi, tapi tidak berarti bersenang-senang merupakan sebuah dosa. Saat meluangkan waktu untuk menjelajahi kota yang kamu tinggali, pastikan kamu setidaknya sudah mencoba semua jenis makanan khas dari kota itu. Kamu tidak akan pernah tahu apakah setelah selesai kuliah, kamu masih bisa kembali ke kota itu lagi kan? Manfaatkan waktumu dengan baik untuk mencicipi kuliner dan ini akan membuatmu sedikit merasa menjadi bagian dari kota itu.

Kamu siap menjelajahi kota di akhir pekan? Cepat selesaikan tugas kampusmu sebelumnya ya...