Media

Language

Romeo dan Juliet di Kota Verona

Last updated on 09 Aug 2017

1280px-Panoramic_photograph_of_Verona_from_Castel_San_Pietro.jpg

Dalam imajinasi kolektif, Verona adalah latar belakang dari kota cinta bersejarah yang tragis. Shakespeare membuat kota ini sangat beruntung karena menarik ratusan wisatawan berkat “pariwisata romantis”. Kota Verona memang terkenal dengan balkon Juliet, tokoh fiktif dari cerita Romeo dan Juliet karangan Shakespeare. Ada yang bilang jika Shakespeare sebenarnya tidak pernah ke kota Verona. Hanya saja kota ini terkenal dari film A Letter’s from Juliet. Namun, ada juga yang bilang ada sedikit bukti bahwa kisah seperti Romeo dan Juliet benar-benar pernah terjadi di sini.

Verona menjadi koloni Romawi pada abad 89 SM dan kemudian berkembang menjadi kota penting. Ada beberapa sisa-sisa dari periode ini, termasuk amfiteater Romawi. Verona juga terkenal karena gereja-gereja Romawi abad 11. Kota ini adalah pusat seni yang cukup besar dalam periode Renaissance, khususnya di bidang arsitektur. Arsitek yang terkemuka adalah biarawan Dominika Fra Giocondo (c. 1433-1515) dan Michele Sammichele (1484-1559). Sammichele mendirikan berbagai bangunan indah dan membangun tembok kota bastioned (1530 dan seterusnya)

Tapi keindahan Verona tidak berakhir dengan balkon Juliet, sebaliknya, simbol rumah pasangan yang kurang beruntung ini hanyalah awal dari wisata budaya dan bersejarah yang menarik. Untuk Italia, Verona adalah “Pintu Italia “, karena orang datang dari utara melihat kota ini sebagai kota pertama. Dengan tata kota nya dimana terdapat gang-gang, alun-alun hingga ke tipikal makanannya yang memberikan suasana masa lalu.

Sumber Foto: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Panoramic_photograph_of_Verona_from_Castel_San_Pietro.jpg

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Leone_di_San_Marco_a_Verona.jpg