Media
Language

Punya Mimpi Kuliah di Negara Kecil di Benua Eropa? Cek List Beasiswanya Di Sini

Last updated on 25 Apr 2018

Small Countries.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Nurchalimah

Mimpi untuk kuliah di Eropa tidak hanya bisa diwujudkan dengan menempuh studi di Inggris, Perancis ataupun Jerman. Di luar itu semua masih ada beberapa negara kecil yang bisa kamu pilih untuk mewujudkan mimpimu. Faktanya, menempuh studi di negara kecil bisa membuat kamu lebih nyaman karena suasana yang pasti berbeda dengan negara-negara besar.

Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di negara-negara kecil Eropa dan sekitarnya? Yuk simak beberapa beasiswa yang mungkin bisa kamu apply berikut ini:

1. Ernst Mach Grant (EMG)

Beasiswa yang satu ini didanai oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan, Riset dan Ekonomi Austria (BMWFW) dan dinamai sesuai dengan nama ahli Ilmu Fisika dan Filosofi Ernst Mach. Beasiswa ini khusus untuk program S2, S3 dan post-doctoral. Tapi sayangnya beasiswa ini hanya mencakup biaya bulanan 940 euro untuk S2 dan 1040 euro untuk PhD, asuransi kesehatan dan kecelakaan, biaya perjalanan maksimal 730 euro dan bebas dari biaya kuliah.

2. Ernst Mach-Grants – ASEA-UNINET

Ernst Mach-Grants – ASEA-UNINET ini bertujuan untuk mendukung pertukaran pengetahuan antara universitas partner di negara anggota Uni Eropa (termasuk Austria) dan Asia Tenggara. Beasiswa yang satu ini hanya diperuntukkan bagi peserta dari Indonesia, Filipina, Vietnam dan Thailand saja dengan durasi maksimal 36 bulan untuk Postgraduates dan 1-9 bulan untuk PhD dan Post-doctoral. Beberapa biaya yang ditanggung dalam beasiswa ini adalah biaya bulanan 940 euro untuk Postgraduates dan 1040 euro untuk PhD dan Post-doctoral serta asuransi kesehatan dan kecelakaan.

3. Special OeAD Scholarship

Beasiswa yang satu ini merupakan kesempatan emas untuk kamu yang berpredikat sebagai Undergraduates, Graduates, Postgraduates, Doctoral Student dan juga peneliti yang membutuhkan biaya pendidikan. Selain itu beasiswa ini juga menyediakan dana untuk individu dan juga proyek-proyek ilmiah. Namun kamu perlu ingat, bahwa OeAD tidak untuk memperoleh gelar S1, S2 ataupun S3 di Austria.

4. Ernst Mach Follow-up Grant (EZA)

EZA adalah beasiswa khusus untuk negara-negara berkembang. Sedikit berbeda dengan EMG, beasiswa ini hanya tersedia untuk PhD dan Post-doctoral saja. Penerima beasiswa akan menerima bantuan sebesar 1040 euro yang bisa digunakan selama 1-3 bulan saja. Tapi perlu kamu ingat bahwa salah satu kriteria untuk bisa mendapatkan beasiswa ini adalah pelamar tidak tinggal/bekerja/belajar di Austria selama 6 bulan terakhir.

5. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa yang satu ini disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNI yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Beberapa negara kecil di Eropa yang bisa kamu tuju melalui beasiswa LPDP adalah Austria, Irlandia, Norwegia, Swiss dan Turki. Secara keseluruhan beasiswa ini menanggung semua biaya hidup dan biaya kuliah untuk penerima beasiswa. Namun sebelum melaksanakan studi, kamu sebagai penerima beasiswa akan mengikuti training kepemimpinan dan pembekalan terlebih dahulu.

6. Erasmus+

Erasmus+ resmi ditawarkan untuk menggantikan program beasiswa sebelumnya yaitu Erasmus Mundus. Beasiswa ini ditawarkan kepada sekitar 160 negara di luar kawasan Uni Eropa untuk menempuh studi di negara-negara Uni Eropa. Secara keseluruhan beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dll.

Ada 3 program yang ditawarkan oleh Erasmus+ yaitu Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs) dan Scholar. Beberapa negara kecil dalam Uni Eropa dan non-EU yang bisa kamu tuju melalui beasiswa Erasmus+ adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Cyprus, Rep. Ceko. Estonia, Yunani, Irlandia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Islandia, Norwegia, Turki, dan Swiss.

Jangan pernah menyerah untuk mewujudkan mimpimu ya.. Ayo semangat!!