Media
Language

Pilihan Program Studi dan Universitas yang Bagus di Irlandia

Last updated on 20 Apr 2018

ireland.jpg

Oleh Kristantinova

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Eropa, apakah kamu mempertimbangkan Irlandia sebagai destinasi studimu? Jika tidak, kamu harus mempertimbangkannya. Mengapa? Karena Irlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dan memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswa internasional. Kamu akan menemukan banyak mahasiswa internasional yang berasal lebih dari 160 negara di dunia di berbagai universitas di Irlandia.

Selain itu, berkuliah di Irlandia tentu lebih mudah karena merupakan negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Lalu pertanyaan selanjutnya yang mungkin kamu tanyakan adalah, jurusan apa sih yang bagus untuk diambil di Irlandia dan universitas mana yang paling bagus untuk jurusan tersebut? Berikut kami punya daftarnya untuk kamu.


Untuk daftar lengkap universitas di Irlandia, klik di sini.


Humaniora dan Ilmu Sosial

Bagi kamu yang tertarik mempelajari filsafat, sastra, politik, kebijakan sosial, sosiologi, ekonomi, atau kamu yang tertarik dengan jurnalisme, jurusan ini adalah jurusan yang cocok untuk kamu. Di Irlandia hampir semua universitas memiliki jurusan ilmu sosial, seperti di University College Dublin, University College Cork, Maynooth University, dan Waterford Institute of Technology. Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan humaniora, University College Dublin dan NUI Galway merupakan 2 universitas yang bagus untuk jurusan tersebut.

Sains

Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu farmasi, geologi, zoologi, dan pengetahuan-pengetahuan lainnya seputar dunia sains, kamu bisa memperoleh ilmu sains yang sifatnya general di University College Dublin, Trinity College, Maynooth University, Dublin Institute of Technology, Galway-Mayo Institute of Technology, dan NUI Galway. Tetapi, jika kamu sudah tahu di bidang sains apa yang ingin kamu perdalam, Dublin City University dan University College Cork merupakan 2 opsi yang harus kamu pertimbangkan.

Jika kamu ingin memperdalam ilmu sainsmu, universitas-universitas diatas menawarkan pengalaman studi yang bagus. Namun, di antara semua universitas tersebut, Trinity College merupakan universitas terbaik untuk bidang sains karena Trinity merupakan salah satu dari 100 universitas terbaik di dunia untuk biological sciences dan farmasi.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Irlandia.


Engineering dan Teknologi

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan populer di Irlandia karena kesempatan kerja yang terbuka luas dengan berbagai perusahaan teknologi yang tersebar di negara tersebut. Sebut saja Magico di Clare, Asystec di Limerick, Avaya di Galway, E-Mit Solutions dan raksasa teknologi Amazon di Dublin. Universitas-universitas seperti University College Dublin, Cork Institute of Technology, Dublin Institute of Technology, Trinity College, Dublin City University, NUI Galway, dan University of Limerick, menawarkan jalur masuk program studi umum untuk studi engineering dan baru di tahun kedua murid akan memilih jurusan spesialiasinya.

Untuk kamu yang sudah secara spesifik ingin mengambil jurusan teknik elektronika, Maynooth University dapat menjadi pilihanmu. Untuk jurusan yang berhubungan dengan teknologi dan komputer, University College Dublin memegang ranking tertinggi untuk jurusan ini di Eropa. Selain itu Dublin City College juga memiliki reputasi yang bagus untuk jurusan ini. Buat kamu yang tertarik untuk bekerja di industri computer games, kamu bisa mengambil jurusan yang berkaitan dengan hal terebut di Athlone IT, IT Carlow, IT Tralee, Limerick IT, dan Letterkenny IT.

Arsitektur

The Society of Chartered Surveyors Ireland mengantisipasi bahwa di tahun 2020 nanti permintaan pekerjaan di bidang properti dan konstruksi akan meningkat. Regulasi pembangunan baru akan menciptakan kesempatan kerja baru di dunia properti di Irlandia. Untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada dunia arsitektur dan melihat peluang kerja yang besar tersebut, kamu bisa mengambil jurusan ini di Dublin Institute of Technology, University of Limerick, University College Cork atau Cork Institute of Technology. Tetapi, University College Dublin merupakan universitas tertua dan paling well-established untuk jurusan ini. Opsi lain yang patut dipertimbangkan adalah Dublin Institute of Technology yang memiliki reputasi baik di properti dan konstruksi.

Jadi, apakah kamu sudah menemukan jurusan yang cocok untuk studimu di Irlandia? Jika sudah, yuk mulai browsing-browsing ke situs universitas yang kamu inginkan dan persiapkan dirimu sedini mungkin untuk melanjutkan studimu ke Irlandia!


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Irlandia, klik di sini.