Media
Language

Perlukah Menguasai Bahasa Belanda Saat Kuliah di Negara Kincir Angin?

Last updated on 20 Apr 2018

Artikel 9 Feb 2018.jpg Photo by Gustavo Quepón on Unsplash

Oleh Kristantinova

Salah satu kendala bagi banyak orang yang ingin melanjutkan studi ke Eropa adalah karena tidak bisa berbahasa lokal negara Eropa selain bahasa Inggris. Apakah kamu salah satu orang yang merasakan hal yang sama? Jangan khawatir teman-teman, bagi kamu yang merasa kurang cepat dalam memperdalam bahasa asing, ada beberapa negara di Eropa yang tidak mengharuskanmu untuk bisa bahasa lokal mereka untuk bisa studi disana loh.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Belanda, klik di sini.


Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki bahasa lokalnya sendiri namun tidak mengharuskan calon pelajar internasionalnya bisa berbahasa Belanda untuk bisa belajar di sana. Kebanyakan bidang studi di universitas-universitas di Belanda tidak menetapkan persyaratan harus bisa berbahasa Belanda sebagai syarat umum masuk universitas mereka sebab proses belajar mengajar akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris.

Tahukah kamu, menurut data dari nesoindonesia.or.id, universitas di Belanda menawarkan program bahasa Inggris terbesar di benua Eropa loh. Ada lebih dari 2.100 program internasional yang penyampaian materinya dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, tidak heran kalau mayoritas bidang studi di kebanyakan universitas hanya meminta hasil tes TOEFL minimal 80 dan IELTS minimal 6.0 untuk bisa belajar di sana. Selain itu, menurut nesoindonesia.or.id, 95% penduduk Belanda bisa berbahasa Inggris dengan mahir sehingga kamu tidak hanya mudah dalam proses belajar di kampus, tetapi kamu juga tidak merasa kesulitan untuk berkomunikasi dalam aktivitas sehari-hari dengan warga Belanda di sekitarmu.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Belanda


Pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada jurusan di Belanda yang mengharuskan muridnya untuk bisa berbahasa Belanda? Jawabannya, ada. Jika kamu berencana untuk mengambil Hukum maka kamu perlu menguasai bahasa Belanda terlebih dahulu karena dalam jurusan Hukum kamu pasti akan banyak menemui istilah-istilah dalam bahasa Belanda. Jurusan lainnya yang sudah pasti mengharuskanmu untuk bisa berbahasa Belanda adalah Sastra Belanda.

Akan tetapi, jika kamu berencana untuk memulai karir dan bekerja di sana maka kamu perlu menambah kemampuan berbahasamu dengan mempelajari bahasa Belanda karena bisa menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris tentu menjadi nilai tambah yang tidak dimiliki oleh semua pelajar internasional sepertimu. Selain itu, kamu juga bisa memperluas jaringanmu pertemananmu jika kamu bisa berbahasa Belanda.


Universitas Populer di Belanda: Tilburg University


Jadi, menguasai bahasa Belanda tidak sepenuhnya perlu karena mayoritas jurusan dan lingkungan di sana bisa menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga untuk menambah kemampuan berbahasamu dengan bahasa Belanda karena ada banyak manfaat juga yang bisa kamu peroleh jika kamu bisa berbahasa Belanda.

Jika kamu tertarik untuk menambah kemampuan bahasa Belandamu, kamu bisa belajar bahasa Belanda di Erasmus Training Centre dan cek informasinya di situs ini.

Dijamin, tidak ada ruginya mempelajari bahasa Belanda karena kamu bisa lebih menonjol dibandingkan dengan pelajar internasional lainnya, memperluas koneksimu, dan mempermudah aktivitas keseharianmu di Belanda.

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belanda, klik di sini.