Media
Language

Museum Tidak Selalu Membosankan

Last updated on 27 Apr 2018

Museum Patah Hati di Zagreb, Croatia

Museum_of_Broken_Relationships_in_Berlin_20071023-300x225.jpg

Museum Patah Hati di Zagreb, Kroasia,merupakan gagasan dari seniman Olinka Vistica dan Drazen Grubisic. Ketika Grubisic dan co-founder Olinka Vistica, berpisah, mereka terjebak dengan barang-barang ketika mereka bersama. Mereka tidak ingin hanya menyingkirkan itu, sehingga pada akahirnya mereka menciptakan sebuah museum. Pedih sekaligus lucu, museum ini seakan memperlihatkan kebutuhan dunia akan cinta manis.

“Mungkin suatu saat dalam hidup Anda, Anda akan ingin mengingat beberapa bagian yang baik dari hubungan,” kata Grubisic.

Museum ini terletak di barak yang indah di Istana Kulmer (yang merupakan warisan nasional tercatat pada tanggal 1776) di Upper Town - bagian sejarah dari Zagreb yang kaya tempat wisata.

Isi museum ini adalah kumpulan kenang-kenangan cinta dari seluruh dunia: mainan mewah yang diberikan sebagai hadiah Hari Valentine, gaun pengantin, hingga kapak yang digunakan untuk menghancurkan barang-barang mantan kekasih. Bagian dari koleksi yang dipajang telah melakukan perjalanan sejauh Manila, London dan Singapura. Untuk di Kroasia sendiri, setiap kotanya bagi yang patah hati bisa menyumbangkan barang-barang mereka ke museum Zagreb.

Kenang-kenangan tersebut dipajang masing-masingnya dengan kesaksian tertulis menceritakan kisah-kisah gairah, asmara dan patah hati. Setiap itemnya juga dilengkapi dengan tanggal dan lokasi dari hubungan, dan catatan oleh donor anonim mereka.

Pada Hari Valentine, museum melihat kunjungan yang hampir dua kali lipat.

MUSEUM OF BROKEN RELATIONSHIPS: Cirilometodska 2, Zagreb, Croatia; or 011-385-1-4851021. Buka setiap hari, 9 a.m.-9 p.m., Oct. 16-May 31 sampai 10:30 p.m. June 1-Oct. 15. Harga, $3.50 (20 kuna).

Museum Seks di Amsterdam, Belanda

sexmuseum-amsterdam-venustempe-224x300.jpg

Museum ini agak terdengar tabu untuk telinga Asia khususnya Indonesia. Apalagi yang dipamerkan tidak hanya adegan namun alat vital manusia tanpa sensor. Museum Sex atau “The temple of Venus” memiliki koleksi berupa patung, lukisan, foto, video, dan segala macam benda bahkan atraksi. Museum ini membawa pengunjung kedalam sebuah perjalanan sejarah seks dari zaman klasik sampai hari ini. Disini, wisatawan diperbolehkan untuk memotret di seluruh area pameran.

Museum seks terletak di tempat tersibuk di jantung kota Belanda, Amsterdam, di jalan Damrak, tepat di depan Central Station, di tengah-tengah jalur padat lalu lintas. Terletak di pusat kota membuat museum ini mampu menarik lebih dari 500.000 pengunjung setiap tahunnya.

Museum ini merupakan museum seks pertama dan tertua di dunia. Koleksi luas secara pribadi dikumpulkan oleh pemilik museum dan sekarang pada tampilan permanen properti abad ke-17 di Damrak. Museum ini telah berdiri sepanjang lebih dari 20 tahun.

MUSEUM OF SEX: Damrak 18, 1015 LH, Amsterdam, The Netherlands; or +31 20 6228376. Buka setiap hari, 9.30 a.m.-11.30 p.m., Harga € 4. Minimal umur 16 tahun!

Museum Miniatur ‘Wonderland’ di Hamburg, Jerman

Miniature-Wunderland-300x199.jpg

Jerman Miniatur Wonderland merupakan daya tarik dari model kereta api di Hamburg, Jerman. Museum ini dipamerkan secara permanen dan paling banyak dikunjungi di Jerman utara dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan dengan pemesanan diawal, pengguna kursi roda dan orang-orang yang cacat dapat menikmati akses eksklusif di Wonderland.

Model miniatur ini menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya di dunia. Dibangun oleh si kembar Gerrit Braun dan Frederik, museum ini berdiri pada Januari 2011. Jalur kereta api terdiri dari 12.000 meter (39.370 kaki) trek yang dibagi menjadi tujuh bagian: Harz, kota fiktif Knuffingen, pegunungan Alpen dan Austria, Hamburg, Amerika, Skandinavia, dan Swiss. Dari 6.400 meter persegi (68.889 kaki persegi) lantai kerja, model ini membutuhkan 1.150 m2 (12.378 kaki persegi).

Sejarah 7.000 tahun telah direkonstruksi dalam beberapa jam pekerjaan manual melelahkan dengan banyak detail dan berbagai tokoh dan bangunan buatan tangan. Dalam delapan diorama, kisah peradaban manusia digambarkan dari 5.500 SM 1942. Bahkan terdapat era Neolitik, abad pertengahan dan masa Revolusi Perancis, serta periode dua perang dunia. Untuk menggambarkan penampilan era ini kepada pengunjung, sepotong penggambaran fiksi khas tanah tersebut dibuat untuk masing-masing.

Miniatur Wunderland Modelleisenbahn Hamburg: Kehrwieder 4, 20457, Hamburg. Buka setiap hari.

Senin, Rabu, Kamis 9:30 – 18:00 Selasa 9.30 – 21:00 Jumat 9.30 – 19:00 Sabtu 8:00 – 21:00 Minggu dan hari libur 8:30 – 20:00

Museum Penjara Bawah Tanah, London

london-dungeon-300x300.png

Berkunjung ke Museum Penjara Bawah Tanah London sama menyenangkan seperti di South Bank yang dulunya London Bridge. Daya Tarik turis disini disebar di tiga lantai dan lebih besar, sepertiga, dari tempat lama. Kurang lebih £ 20.000.000 diperlukan untuk menyelesaikan transformasi dalam Aula County. Tapi hal tersebut tidak akan percuma karena pengunjung akan menemukan banyak karakter dari sejarah London.

Pengunjung akan dibagi ke dalam kelompok sekitar 20 orang. Kemudian dibawa untuk mengunjungi kamar yang berbeda dan bertemu aktor yang akan menceritakan cerita mengerikan tentang London. Sayangnya pengunjung tidak dapat berlama-lama karena akan terus bergerak bersama tur. Selain batas jam kunjungan hanya sekitar 1,5 jam.

Penjara bawah tanah London Dungeons membawa pengunjung mengalami peristiwa mengerikan yang mencakup 2.000 tahun sejarah London. Secara keseluruhan tur disini menggambarkan seperti museum yang mensimulasikan horor dari sejarah, membutuhkan waktu satu jam setengah di mana aktor akan menciptakan simulasi peristiwa seperti api besar dari London, Sweeney Todd, Wabah dan Jack ripper.

Ada beberapa wahana seperti Boat Ride to Hell yang bergerak di sekitar seluncuran dalam air untuk membuat kehilangan arah. Sementara dalam wahana tukang cukur Sweeney Todd pengunjung akan menemukan kursi bergerak dan Labyrinth of Lost yang akan membuat Anda gila dengan labirin cerminnya. Dan yang paling buruk dari semua wahan adalah Extremis. Hati-hati karena pengunjung tidak pernah tahu siapa yang akan melompat keluar dari bayang-bayang untuk menakut-nakuti.

Museum Penjara bawah tanah London ini terletak dijalur yang dapat didatangi dengan berjalan kaki pendek dari stasiun tabung London Bridge di Jalur Jubilee.

The London Dungeon: Riverside Building, Pancras, Westminster Bridge Road London; or 0871 423 2240, +44 (0) 20 7403 7221, harga tiket dewasa dari £ 22.00 (Rp450, 334,20) Buka setiap hari kecuali hari Natal.

Kamp Konsentrasi Auswitch

auschwitz_concentration_camps_museum_krakow_poland-300x225.jpeg

Dibangun oleh Nazi sebagai konsentrasi dan kamp kematian, Auschwitz adalah yang terbesar dari kamp Nazi dan pusat pembantaian massal yang pernah dibuat. Di Auschwitz lah 1,1 juta orang dibunuh, sebagian besar orang-orang Yahudi. Auschwitz telah menjadi simbol kematian, Holocaust, dan penghancuran Yahudi di Eropa.

Auschwitz terletak di dekat kota industri Oświęcim di selatan Polandia (dimana dulunya sebagian dari negara dianeksasi oleh Jerman pada awal Perang Dunia II). Auschwitz sebenarnya terdiri dari tiga kamp yang menjadi satu: sebuah kamp penjara, kamp pemusnahan, dan kamp perbudakkan tenaga kerja. Sebagai yang paling mematikan dari kamp-kamp pemusnahan Nazi, Auschwitz telah menjadi situs simbol dari “solusi akhir,” sinonim virtual untuk Holocaust.

Saat ini, kata ‘Auschwitz’ telah menjadi identik dengan teror, genosida, dan The Holocaust. Situs ini, meskipun sebagian dihancurkan oleh kemunduran Nazi pada tahun 1945, telah ditetapkan sebagai museum untuk membantu generasi mendatang memahami kekejaman yang dilakukan dalam pagar nya. Pada tahun 2011, lebih dari 30 juta orang telah mengunjungi kamp.

Auschwitz Consentration Camp: Auschwitz-Birkenau State Museum ul. Wieźniów Oświęcimia 20, 32-603 Oświęcim, Poland. Buka setiap hari kecuali 1 January, 25 Desember dan hari Paskah.

Sumber foto :

http://diammi.com/media/Miniature-Wunderland.jpg

http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/01/62/4e/ec/sexmuseum-amsterdam-venustempe.jpg

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/98/Museum_of_Broken_Relationships_in_Berlin_20071023.jpg

http://goblog19.files.wordpress.com/2011/05/auschwitz_concentration_camps_museum_krakow_poland.jpeg

http://images.daysoutguide.co.uk/6905-AttractionImage.jpg