Language

Mengenal Tradisi Dolce far Niente a la Italia

Last updated on 20 Apr 2024
Mengenal Tradisi Dolce far Niente a la Italia

dolce.jpg Photo by Ross Parmly via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Apa yang dibayangkan seseorang ketika memilih menempuh studi di luar negeri?

Belajar dengan keras! Tentunya, ini bisa membuat stres dan jenuh.

Namun, lain cerita jika kamu memilih studi di Italia.

Di sana, terdapat sebuah tradisi yang bisa kamu peroleh untuk mengatasi kejenuhan dan stres, yaitu “Dolce far Niente” yang artinya kenikmatan untuk tidak melakukan apapun. Tapi ini tidak sama bekerja habis-habisan di lima hari penuh untuk kemudian bermalas-malasan di akhir pekan.

Tradisi Dolce far Niente dilakukan orang Italia dengan cukup sering. Masyarakat di sana melaksanakan Dolce far Niente dengan rutin dalam keseharian. Mereka bisa memilih tidur siang, bisa pula untuk sekadar nongkrong di kafe dan ngobrol dengan teman. Ide untuk mengambil jeda bisa dimanifestasikan dalam banyak hal, seperti elemen spiritual maupun material.


Untuk daftar lengkap universitas di Italia, klik di sini.


Nah, ingin belajar lebih lanjut mengenai Dolce far Niente?

Menurut Kelly Chaplin seorang Educational Publisher, setidaknya ada 7 Cara Mengalami **Dolce far Niente dalam Hidup.**

#1 Disconnect!

Facebook, Instagram, dan Twitter bukanlah Dolce far Niente. Tersesat di internet dapat menghabiskan energi dan berjam-jam di media sosial menjadi buang-buang waktu. “Manisnya tidak melakukan apa-apa” adalah kebalikannya. Jika melepas seluruhnya selama sehari kedengarannya seperti tugas yang mustahil, mulailah dengan dosis kecil. Matikan perangkat satu jam lebih awal setiap malam atau nikmati kopi-mu di pagi hari tanpa menatap ponsel atau iPad Anda.

#2 Get rid of your guilt!

Kita hidup dalam masyarakat yang penuh dengan para perencana, produsen, dan konsumen. Kita sering mengukur keberhasilan hari dengan seberapa banyak yang berhasil kita selesaikan dan apa yang kita capai. Menyingkirkan rasa bersalah atas daftar “harus dilakukan” atau apa yang “harus” dilakukan, akan membantumu mengalami momen Dolce far Niente.

#3 Turn off your TV!

Menonton TV dapat menjadi penghilang stres bagi sebagian orang, tetapi dalam jumlah berlebih, kamu akan kehilangan waktumu. Menyerah TV selama satu jam dan menggantinya dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan dan berhubungan dengan alam.


Untuk daftar lengkap beasiswa kuliah di Italia, klik di sini.


#4 Have a day of rest

Ini adalah ritual penting yang masih diamati oleh banyak agama, entah itu hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Memiliki hari istirahat adalah ide praktis tetapi kebanyakan orang yang saya kenal telah kehilangan kontak dengan praktik ini. Cobalah mendeklarasikan satu hari dalam seminggu (atau bulan) sebagai hari tidak melakukan apa-apa.

#5 Find your inner artist

Buat gambar, tulis puisi, berlatih gitar, cobalah resep baru. Meluangkan waktu untuk mengembangkan kreativitas Anda adalah bersantai dan cara yang baik untuk menemukan apa yang menginspirasi dan indah di sekitar Anda.

#6 Revisit Naptime

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang tidak hanya untuk balita. Tidur siang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan menurunkan tingkat stres. Tidur siang tidak harus di rumah atau kantor. Kamu dapat pergi ke taman yang tenang dan tutup mata Anda, dengarkan burung-burung dan cium rumput.

#7 Skip a few chores

Kamu tidak perlu mengisi mesin pencuci piring pada saat semua orang selesai makan. Setelah makan malam, lewati piring dan saksikan moonrise, menatap bintang-bintang atau menikmati hidangan penutup. Beristirahat sejenak dapat menunjukkan kepada kita bahwa bumi tidak akan berhenti berputar jika kita menghentikan tugas-tugas yang kita hadapi.


Universitas Populer di Italia: Scuola Superiore di Studi Universitari e Perfezionamento Sant’Anna


Situasi dan kondisi kota-kota di Italia juga sangat mendukung untuk kita menerapkan tradisi Dolce far Niente. Misalnya, sekitar Piazza Navona di pusat bersejarah wilayah Roma, ada banyak restoran dan bar yang bagus. Di lokasi ini juga lebih banyak masyarakat asli Italia dibanding turis. Jadi kita juga akan semakin mengenal pola budaya orang-orang Italia. Setidaknya kita bisa belajar bagaimana mereka menghabiskan waktu dengan mencari keindahan dengan bersantai ria.

Kuliah di Italia dan menjalankan budaya Dolce far Niente adalah pilihan tepat untuk menjalani studi dengan kondisi emosional yang baik. Bagaimanapun kondisi emosi harus terjaga agar proses belajar menjadi optimal.

Jadi, kamu tertarik kuliah di Italia?


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Italia, klik di sini.