Media

Language

Mengenal Chevening Lebih Dekat

Last updated on 03 Dec 2017

Chevening.jpg Sumber: berkuliah.com

Oleh Kristantinova

Chevening merupakan program beasiswa dari pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan bagi generasi muda di seluruh dunia untuk melanjutkan studi di Inggris. Beasiswa ini diberikan kepada orang-orang dengan nilai akademik diatas rata-rata untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun dengan jurusan apapun di universitas mana pun di Inggris.

Chevening akan mendanai seluruh kebutuhan studimu selama satu tahun mulai dari:

• Biaya kuliahmu (termasuk biaya ujian dan laboratorium)

• Biaya hidup selama disana (akomodasi, transportasi dan makan sehari-hari, pulsa telepon, kebutuhan kuliah, dan kesehatan)

• Biaya satu kali pembuatan visa dan biaya pesawat menuju dan dari Inggris termasuk biaya untuk ekstra bagasi.

Selama setahun kamu diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan akademik dan profesionalmu sekaligus memperluas jaringan pertemananmu. Selain itu kamu juga bisa mempelajari budaya dan gaya hidup masyarakat Inggris.

Untuk mendaftarkan diri ikut program beasiswa Chevening, ada beberapa sayarat dan kriteria yang harus kamu penuhi.

• Kamu harus memiliki gelar S1 yang kamu raih di negaramu dengan nilai diatas rata-rata

• Tidak memegang kewarganegaraan atau dwikewarganegaraan Inggris

• Bukan merupakan pekerja, mantan pekerja, atau memiliki hubungan dengan pekerja di pemerintah Inggris

• Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya

Selain kriteria-kriteria di atas kamu juga harus memenuhi kriteria bahasa Inggris sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Chevening. Untuk memenuhi kriteria tersebut, kamu harus mengikuti tes bahasa Inggris yang bisa kamu ambil melalui IELTS, Pearson PTE Academic, TOEFL iBT, Cambridge English: Advanced (CEA), atau Trinity ISE II (B2). Kamu dapat melihat standar nilai yang ditetapkan oleh masing-masing tes pada situs resmi Chevening.

Selain itu, salah satu kriteria penting yang harus kamu penuhi juga adalah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun atau setara dengan 2.800 jam. Pengalaman kerja yang termasuk dalam kriteria ini adalah antara lain pekerjaan tetap (full time), pekerjaan paruh waktu (part time), pekerjaan sukarela, magang (dibayar maupun tidak dibayar), dan pengalaman kerja lainnya yang kamu lakukan sebelum, saat, dan sesudah kamu lulus kulliah S1. Kamu bisa melihat cara penghitungan waktu kerja yang benar dan dapat memenuhi kriteria Chevening pada situs resminya.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran untuk program beasiswa Chevening periode 2018/2019 telah ditutup. Chevening akan membuka kembali pendaftaran pada Agustus 2018 untuk kesempatan studi periode 2019/2020. Untuk informasi lengkap mengenai Chevening dan hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mendaftarkan dirimu bisa diakses di situs resmi Chevening.

Jadi, kalau kamu merasa memenuhi kriteria-kriteria untuk beasiswa Chevening dan kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Inggris, persiapkan segala kelengkapannya dari sekarang dan daftarkan dirimu untuk program beasiswa Chevening tahun depan.