Media

Language

Mengatasi Masalah Dengan Roommates

Last updated on 24 Apr 2018

Dealing with Roommates.jpg

Oleh Nurchalimah

Saat mulai memasuki dunia kampus akan ada banyak hal yang berubah. Salah satunya adalah tinggal sekamar dengan mahasiswa lain di asrama atau dormitory. Tidak semua orang beruntung mendapatkan teman sekamar yang baik atau setidaknya sesuai dengan keinginannya. Kebiasaan tidur, kebersihan dan kerapian seringkali menjadi beberapa faktor yang bisa memicu pertengkaran. Sebenarnya siapapun kamu dan teman sekamarmu, jika kalian bisa berdiskusi dengan kepala dingin dan mampu mengontrol emosi, bukan tidak mungkin jika kalian menjadi BFF.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh masalah yang mungkin menjadi konflik antara kamu dan teman sekamarmu serta bagaimana cara mengatasinya:

Suka Membawa Teman atau Orang Asing Masuk

Tidak ada larangan untuk membawa teman masuk ke dalam kamar dan menghabsikan waktu bersama mereka. Namun hal ini bisa memicu pertengkaran terjadi. Lalu bagaimana jika saat kamu besok akan ujian dan ternyata teman sekamarmu asik ngobrol dengan teman yang dibawanya? Merasa terganggu? Jelas, tapi ingat bahwa kamu dan teman sekamarmu memiliki hak yang sama di kamar itu. Suatu saat mungkin saja kamu juga akan melakukan hal yang sama. Jadi lebih baik kamu mengalah dan mencari tempat lain untuk belajar.

Tidak Suka Membersihkan Kamar

Tidak semua orang suka kegiatan bersih-bersih. Tapi fakta bahwa kamu dan teman sekamarmu menggunakan ruangan yang sama tentu membuat kalian memiliki kewajiban dan hak yang sama pula. Sebenci apapun kamu atau temanmu dalam hal bersih-bersih sebaiknya diskusikan masalah ini di awal semester atau saat kalian pertama kali bertemu.

Jika dulu kamu merasa tidak nyaman membahas masalah ini, maka tidak ada kata terlambat untuk membahasnya sekarang. Diskusikan dan putuskan bersama pembagian tugas membersihkan kamar. Tempel sheet pembagian di kulkas atau di manapun yang mudah terlihat sebagai reminder bagi masing-masing. Tapi jika memang tidak ada harapan bahwa teman sekamarmu bisa diajak bekerja sama maka tidak ada salahnya untuk mengajukan pindah kamar.

Tidak Menghargai Apa yang Menjadi Milik Masing-Masing

Tinggal sekamar berarti mengharuskan kalian melakukan berbagai hal dalam ruangan yang sama. Namun, meski begitu terkadang masih ada batasan yang harus dijaga mulai dari tidak boleh mengenakan pakaian teman hingga perbedaan makanan atau snack yang disimpan di kulkas. Di awal, kamu dan teman sekamarmu harus sudah saling mengetahui batas yang ada. Dengan begini pertengakaran atau perbedaan pendapat akan sedikit berkurang dan kehidupan asramamu akan lebih tenang.

Menjaga Ketenangan

Penting bagi kamu dan teman sekamarmu untuk menentukan batas ketenangan di beberapa kondisi. Mungkin seperti saat kamu akan menempuh ujian akhir, jangan biarkan temanmu tidak mengetahu ini. Beritahu dia dan katakana kamu butuh kondisi tenang untuk belajar. Untuk saat-saat krusial seperti ini, pemahaman dari teman sekamar sangatlah penting.

Terlepas dari semua masalah yang mungkin muncul, kunci utama untuk mengatasinya adalah dengan berdiskusi atau berkomunikasi secara langsung. Jangan biarkan kehidupan kampus dan asramamu rusak hanya karena pertengakaran dengan teman sekamar ya...