Media

Language

Memutuskan Kuliah di Perancis? Yuk Kenali Universitasnya Terlebih Dulu!

Last updated on 28 Oct 2017

France.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Dwi Septianingsih

Apa yang teman-teman pikirkan pertama kali ketika mendengar kata “Perancis”? Biasanya, kata “Eiffel” kata yang pertama kali terlintas. Atau mungkin teman-teman punya deskripsi yang lain tentang Perancis?

Ya, tidak banyak yang tahu bahwa negara asal Napoleon Bonaparte ini memiliki universitas terbaik yang ada di daratan Eropa. Ada sederet universitas keren dan bergengsi di negara ini yang bisa teman-teman pilih sebagai tempat menuntut ilmu.

1. Rennes School of Business

Sesuai namanya, Rennes School of Business adalah sekolah bisnis yang terletak di Rennes, ibu kota Brittany. Berdasarkan survey Financial Times pada tahun 2014 lalu, Rennes berada di posisi ke-23 diantara 70 sekolah manajemen di dunia. Rennes School of Business menawarkan berbagai program Bachelor, Master dan Doktor: Program Magister Manajemen Internasional (IBPM) selama 3 tahun, gelar sarjana 4 tahun di Logistik (ESLI), Program Grande Ecole (PGE) 3 tahun, Master Manajemen 2 tahun (MIM), 15 Program Magister Internasional, PhD, serta program Pendidikan Eksekutif. Kurikulum mereka telah diakreditasi oleh organisasi akreditasi internasional terkemuka seperti AACSB, dan AMBA dan EQUIS.

2. Le Cordon Bleu Paris

Didirikan di Paris tahun 1895, Le Cordon Bleu menawarkan program mulai dari pelatihan chef, perhotelan, dan pariwisata. Dengan jaringan lebih dari 35 sekolah di 20 negara, Le Cordon Bleu menjadi pemimpin jaringan culinary arts dan hotel management terkemuka di dunia dan melatih 20.000 siswa dari 100 negara setiap tahunnya. Instruktur chef berasal dari berbagai latar belakang, dan sebagian besar dari mereka menerima penghargaan bergengsi. Lulusan universitas ini pun menerima ijazah yang diakui di seluruh dunia

Teman-teman yang memiliki minat di bidang masak memasak dan ingin menjadi professional chef bisa banget nih kuliah di Le Cordon Bleu Paris!

3. VATEL International Business School - Hotel & Tourism Management

Vatel didirikan pada tahun 1981 dan merupakan pemimpin dunia dalam pendidikan manajemen di administrasi hotel. Universitas ini melatih calon manajer untuk industri hotel internasional dimana 40 sekolahnya yang tersebar di seluruh dunia memiliki sekitar 8.000 orang siswa. Beberapa penghargaan bergengsi pun diraih oleh universitas ini, diantaranya pada 2003 Vatel memperoleh penghargaan dalam bidang training quality, 2 penghargaan best pedagogical innovation pada 2010, dan terakhir pada 2017 Vatel meraih penghargaan sebagai the best hospitality management school in the world.

4. HEC Paris

Universitas yang berdiri pada tahun 1881 ini masuk ke dalam peringkat the Financial Times pada tahun 2015. Mengkhususkan diri dalam pendidikan dan penelitian manajemen, HEC Paris menawarkan rangkaian program pendidikan yang lengkap, diantaranya Program Magister, MBA, PhD, MBA Eksekutif HEC, MBA Global Executive TRIUM dan program pendaftaran terbuka Eksekutif dan program khusus. HEC Paris memiliki 138 profesor, dengan lebih dari 4.400 siswa serta lebih dari 8.500 manajer dan eksekutif dalam pelatihan setiap tahunnya. Informasi selengkapnya bisa teman-teman akses di http://www.hec.edu/.

5. ESSEC Business School

Selama lebih dari satu abad, ESSEC telah mengembangkan program pendidikan mutakhir yang memberi kebanggaan tersendiri dalam model pembelajarannya. Gelar Master of Management ESSEC secara teratur masuk di iperingkat oleh Financial Times sebagai salah satu yang terbaik di dunia (No. 3 dari tahun 2014 hingga 2016). Sejak didirikan pada tahun 2011, Global MBA ESSEC pun telah mendapatkan pujian atas kurikulum internasionalnya. Dimulai pada musim gugur 2017 ini, ESSEC menggabungkan tiga program MBA menjadi satu, merancang kembali program Global MBA yang akan memberi perhatian khusus pada perubahan digital yang mengubah lanskap bisnis.

Well, kalau teman-teman adalah salah satu peminat dari universitas-universitas di atas, yuk datang ke event EHEF yang diselenggaraan di Jogjakarta, Jakarta, dan Palembang. Disana, teman-teman bisa bertanya pada pihak universitasnya secara langsung. Jadi, jangan sampai terlewat agenda EHEF yang ada di kotamu, ya!