Media
Language

Melanjutkan Studi di Finlandia, Kenapa Tidak?

Last updated on 15 Aug 2018

photo-1512602047409-3be3640068a3.jpeg Photo by Joakim Honkasalo via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Negara nordik yang terletak di Eropa Utara ini terkenal memiliki kualitas pendidikan yang maju dan sering menjadi acuan kurikulum bagi negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Selain itu Finlandia juga salah satu negara teraman di dunia dengan menanamkan nilai-nilai kesetaraan, integritas dan keterbukaan sebagai hak fundamental bagi warganya.

Tidak heran Finlandia dinominasikan sebagai World’s Best Country oleh majalah Newsweek.

Beberapa perusahaan besar yang lahir dari negara skandinavia ini, antara lain pengembang telepon selular Nokia dan gim Angry Birds.

Bukan berarti program studi yang ada di Finlandia hanya fokus kepada ilmu pengetahuan alam dan teknologi saja. Perkembangan media dan komunikasinya pun tergolong sangat baik apalagi kesejahteraan jurusan pendidikan. Para calon guru SD saja akan diseleksi ketat oleh pemerintah dan 10 persen yang lolos merupakan lulusan terbaik.

Bagi kamu yang hendak melanjutkan studi pascasarjana maupun sarjana tidak ada salahnya menjadikan Finlandia sebagai negara pilihan.

Berikut ini kami sajikan sejumlah alasan penting kenapa kamu harus merasakan pendidikan di Finlandia.

1. Tersedianya Beasiswa

Pemerintah Finlandia membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi mahasiswa internasional dengan menyediakan beasiswa dan juga pendidikan gratis bagi mahasiswa berkewarnegaraan EU/EEA.

Sayangnya, Indonesia masuk dalam daftar Non-EU/EEA dan mewajibkan mahasiswa membayar biaya kuliah, berkisar 4.000 – 18.000 EUR.

Tapi jangan patah semangat, karena tersedia beragam beasiswa yang dikhususkan kepada negara Non-EU/EEA yang masuk dalam kategori negara berkembang.

Beasiswa disediakan langsung oleh universitas dan besarnya tergantung masing-masing kebijakan institusi. Kategori beasiswa terdiri dari: beasiswa penuh, menanggung setengah biaya kuliah, dan/atau menerima tunjungan hidup.

Selain dari universitas, kamu juga bisa mencoba beasiswa Erasmus+ seperti Intan Farhana.

Finlandia sendiri memberikan beberapa pengecualian bagi negara Non-EU/EEA yang ingin kuliah gratis, yaitu bagi mahasiswa program studi Doktor/PHD atau bagian dari program pertukaran pelajar.

Bahkan bagi kamu yang berusia dibawah 30 tahun bisa menerima beragam potongan atau diskon, seperti makan siang di kantin kampus dan transportasi umum yang jauh lebih murah.

Biaya hidup di Finlandia memang tergolong mahal tapi berkat kepedulian pemerintah terhadap mahasiswa asing, kamu bisa menjalani hidup tanpa perlu takut kekurangan.

2. Kurikulum yang Dinamis

Tercatat negara ini berulang kali mencetak skor tinggi dan masuk lima besar dalam The Program for International Student Assessment (PISA).

PISA merupakan program resmi internasional yang mengukur kemampuan anak berusia 15 tahun dalam hal kemampuan literasi membaca, matematika dan sains setiap tiga tahun.

Hal itu bisa terwujud karena anak-anak Finlandia diajarkan untuk mengenal dunia melalui pengalaman kreatif tidak diukur melalui angka seperti kurikulum di Indonesia. Bahkan untuk mengenyam pendidikan sekolah dasar, anak harus berumur minimal tujuh tahun. Mereka pun tidak perlu dihadapkan dengan tugas-tugas yang mesti dibawa pulang ke rumah.

Sistem perkuliahan di Finlandia sendiri bersifat dinamis dimana mahasiswa tidak akan selalu berkutat dengan tugas dan tes. Jadi kamu akan lebih sering berdiskusi, menghadiri seminar, workshop dan kesempatan magang di negara-negara nordik lain untuk menambah pengalaman dan wawasan kamu.

3. Universitas Ternama

Berdasarkan QS World University Rankings berikut daftar universitas terbaik di Finlandia yang meraih peringkat 500 besar, yaitu:

• University of Helsinki (102)

• Aalto University (137)

• University of Turku (276)

• University of Jyväskylä (357)

• Tampere University of Technology (380)

Universitas di Finlandia sendiri dibagi menjadi dua jenis institusi. Pertama, perguruan tinggi berbasis riset yang mengajarkan mahasiswa mengenai teori dan membedah suatu fenomena dari sisi akademis. Kedua, sekolah politeknik dimana mahasiswa akan belajar dari sisi praktik dan dipersiapkan untuk meniti karir dibidang terapan.


Untuk daftar lengkap universitas di Finlandia, klik di sini.


4. Komunitas Internasional

Finlandia memiliki populasi yang terbilang kecil, yaitu hanya dibawah 5,5 juta penduduk tetapi negara ini memiliki komunitas dan siswa internasional yang beragam, jadi kamu akan menemukan banyak teman dari berbagai negara.

Universitas Helsinki bersama universitas lainnya telah membentuk profil perguruan tinggi yang “menarik dan kompetitif secara internasional” dengan memiliki jaringan dukungan mahasiswa yang kuat.

Sekitar 12.000 mahasiswa internasional belajar di Finlandia setiap periode perkuliahan dimulai dan kurang dari setengahnya merupakan siswa pertukaran. Sisanya adalah mahasiswa yang belajar untuk mendapatkan gelar di negara ini.

Beberapa kegiatan menarik yang biasa dilakukan mahasiswa internasional adalah ski, golf, memancing, dan bermain perahu kayak. Snowboarding dan hoki es sangat populer di negara ini. Kamu juga bisa mencicipi masakan-masakan lokal yang terkenal lezat. Selain itu, jangan kaget bila kamu menjumpai sauna di setiap rumah karena lazim memiliki sauna bagi warga Finlandia.

5. Kesempatan Berkeliling Dunia

Finlandia merupakan lokasi yang ideal bagi kamu untuk menjelajahi negara-negara Uni Eropa dan Skandinavia tentunya.

Dari Helsinki kamu bisa ke Rusia hanya dalam waktu beberapa jam saja dan jika ingin mengunjungi Estonia bisa menggunakan kereta api dan feri. Dengan feri juga kamu bisa mengunjungi Stockholm – bisa dikatakan Finlandia berfungsi sebagai titik temu negara-negara di Eropa.

Bila kamu memutuskan untuk menetap dan mendapatkan ijin tinggal sebagai penduduk di Finlandia, kamu bisa mengunjungi 26 negara Uni Eropa tanpa perlu mengajukan visa bahkan termasuk wilayah Schengen.


Baca juga: Kota-kota Terpopuler Lainnya Untuk Kuliah di Finlandia


6. Kebebasan Pers

Reporters Without Borders merupakan organisasi yang berbasis di Paris dan setiap tahunnya memberikan penilaian dan peringkat pada 180 negara di dunia berdasarkan kriteria perlindungan dan pembelaan nilai-nilai kebebasan informasi dan pers.

Pada tahun 2016, negara yang menduduki peringkat pertama lagi-lagi adalah Finlandia.

Jadi bagi kamu yang bermimpi menjadi jurnalis dan meniti karir di media berita, Finlandia menjadi pilihan yang cocok untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan mengenai komunikasi, jurnalistik, media dan politik. Kebebasan pers sangat dijamin dalam undang-undang Finnish Press Law 1984.

7. Peluang Mempelajari Ragam Bahasa

Beragamnya penduduk Finlandia memungkinkan kamu untuk menguasai bahasa asing selain bahasa inggris.

Lima bahasa umum yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari antara lain, yaitu Finnish, Swedish, Russian, Estonian dan Somalia. Mempelajari banyak bahasa asing memberikan peluang bagi kamu untuk berkarir internasional apalagi bila berasal dari jurusan seni, sastra atau linguistik

8. Kecepatan Internet

Berdasarkan riset Forbes, Finlandia menempati peringkat 10 dalam daftar negara dengan internet tercepat di dunia.

Kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mengunduh buku, musik, atau menonton video dan film. Dengan kualitas internet yang baik kamu semakin mudah untuk mencari dan menemukan sumber-sumber riset, buku acuan dan jurnal ilmiah.

Itu dia beberapa kondisi Finlandia yang menguntungkan kamu sebagai mahasiswa internasional. Tidak ada salahnya mempertimbangkan negara ini menjadi destinasi studi kamu selanjutnya.

Sudah siap berkuliah di Finlandia?


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Finlandia, klik di sini.