Media
Language

Melangkah ke Belanda Lewat Orange Tulip Scholarship

Last updated on 15 Aug 2018

orange tulip scholarship.jpg Sumber foto: beasiswakorea.com

Oleh Kristantinova

Apakah kalian berencana untuk melanjutkan kuliah di Belanda?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu coba apabila kamu berniat untuk melanjutkan studi ke Belanda?

Orange Tulip Scholarship (OTS) dapat menjadi salah satu pogram beasiswa di Belanda yang patut kamu pertimbangkan.

OTS merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Belanda, baik institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda maupun pemerintah, untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi ke Belanda. Program ini terbuka untuk pelajar-pelajar yang berada di negara naungan NESO. Negara-negara tersebut antara lain adalah Brazil, Cina, India, Korea, Mexico, Rusia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.


Untuk daftar lengkap beasiswa kuliah ke Belanda klik di sini


Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pada jenjang Foundation, Bachelor atau Master, dan sudah diterima di universitas di Belanda yang ikut dalam program Orange Tulip Scholarship maka kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk ikut beasiswa ini. Beberapa universitas yang tergabung dalam program OTS antara lain adalah University of Amsterdam, Erasmus University Rotterdam, The Hague University of Applied Science, Maastricht University, University of Groningen (faculty of Arts), University of Twente, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Universitas populer di Belanda: Utrecht University


Perlu diketahui bahwa jumlah nominal yang ditanggung oleh beasiswa OTS ini berbeda beda di setiap universitasnya. Ada yang menawarkan beasiswa 100%, ada yang 50% dan ada juga uang 25%. Untuk daftar universitas mana saja yang tergabung dalam program ini dan berapa besar beasiswa yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa mengeceknya disini

Selain itu, pada link tersebut kamu juga dapat melihat beasiswa yang diberikan oleh universitas Belanda tersebut ditujukan untuk jenjang Foundation, Bachelor, atau Master.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda sehingga kamu harus mengecek ke link universitas yang kamu tuju agar kamu tidak salah dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran beasiswa OTS.

Apabila kamu berencana untuk mendaftar tahun ini kamu harus tahu bahwa setiap universitas memiliki tenggat waktu yang berbeda-beda untuk pengumpulan dokumen beasiswa OTS. Kamu dapat melihatnya pada link yang sudah kamu infokan diatas. Namun deadline umum untuk penerimaan dokumen pendaftaran OTS pada periode tahun 2018-2019 adalah pada tanggal 1 April 2018.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Belanda


Jika kamu telah mendaftarkan dirimu untuk beasiswa ini bersiaplah karena pihak penyelenggara OTS di Indonesia, yakni Nuffic Neso Indonesia akan mengirimkan email kepadamu baik jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa OTS, kamu masuk ke dalam waiting list beasiswa OTS, maupun jika kamu tidak menerima beasiswa tersebut. Jadi, ayo segera persiapkan dirimu untuk mendaftar beasiswa OTS selagi masih ada waktu. Bisa jadi kamu adalah pelajar yang beruntung untuk melanjutkan studi di Belanda melalui jalur beasiswa.


Official Website: Orange Tulip Scholarship


Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di Belanda klik di sini