Media
Language

Mau Kuliah ke Prancis dengan Beasiswa? Cek Daftarnya Disini!

Last updated on 28 Apr 2018

architecture-blue-sky-city-532826.jpg

Oleh Kristantinova


Sedang mencari beasiswa untuk kuliah di Eropa? Hadiri "1st ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day" pada tanggal 26 Mei 2018 di Jakarta! Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, klik di sini.


Buat kamu yang sedang berencana untuk melanjutkan kuliah ke Eropa, negara Prancis mungkin menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar pertimbanganmu. Prancis merupakan salah satu destinasi negara yang banyak dituju oleh mahasiswa dari berbagai negara untuk melanjutkan studinya. Selain kualitas pendidikan yang baik, biaya kuliah di Prancis cukup terjangkau karena pemerintah Prancis memberikan subsidi pendidikan hingga 90%. Tidak hanya itu, ada juga beasiswa yang terbuka dan bisa kamu apply sehingga impianmu untuk berkuliah di Prancis tanpa bingung memikirkan biaya dapat terwujud. Berikut adalah beberapa beasiswa yang available untuk kuliah di Prancis.

1. Beasiswa Eiffel Excellence Programme

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Prancis melalui Kementerian Luar Negeri Prancis untuk memberi kesempatan kepada pelajar internasional untuk melanjutkan studi Master dan Ph.D. di perguruan tinggi yang ada di Prancis. Bidang studi yang ditawarkan oleh beasiswa ini antara lain adalah:

  • Hukum
  • Ekonomi dan Manajemen
  • Ilmu Teknik untuk tingkat Master, serta Ilmu Sains dalam lingkup lebih luas untuk tingkat Ph.D. (Ilmu Teknik, Ilmu Pasti, Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Kehidupan, Nano dan Bioteknologi, Ilmu Bumi, Ilmu Alam Semesta, Ilmu Lingkungan, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan tunjangan bulanan sejumlah 1.181 Euro untuk penerima beasiswa Master dan 1.400 Euro untuk penerima beasiswa Ph.D, tiket keberangkatan ke Prancis dan kepulangan ke Indonesia, jaminan sosial untuk mahasiswa dengan usia lebih dari 28 tahun, asuransi kesehatan bagi mahasiswa yang berusia kurang dari 28 tahun, kegiatan kebudayaan, dan tambahan tunjangan tempat tinggal (apabila memenuhi kondisi tertentu).

Hal yang perlu diingat adalah tunjangan beasiswa ini tidak mencakup biaya pendaftaran ke universitas serta biaya perkuliahan. Namun jangan khawatir, jika kamu masuk perguruan tinggi negeri di Prancis, maka negara membiayai uang kuliah sekitar 10.000 Euro per tahun baik untuk mahasiswa Prancis maupun mahasiswa internasional.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk mendapatkan beasiswa ini, pendaftaran tidak diajukan oleh peserta sendiri melainkan oleh institusi perguruan tinggi yang dituju. Maka dari itu, kamu bisa mendaftarkan diri dulu ke universitas yang kamu mau beserta dengan program studi yang kamu tuju. Setelah diterima dan mendapatkan LoA, kamu bisa meminta kepada pihak universitas untuk mengajukan dirimu sebagai peserta program beasiswa ini.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Prancis, klik di sini.


2. Beasiswa Erasmus +

Beasiswa Erasmus + adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Uni Eropa untuk pendidikan, pelatihan, kepemudaan dan olahraga yang ditujukan untuk siswa non-Eropa. Beasiswa ini berlaku untuk siswa yang ingin melanjutkan studi baik ke Prancis maupun negara Uni Eropa lainnya. Beasiswa ini ditujukan untuk program Master dan Doktorat multilateral dan proyek kerjasama spesifik. Di Indonesia sendiri, sudah ada 266 siswa yang menerima beasiswa ini loh (248 mendapatkan beasiswa Master, 2 beasiswa untuk Doktorat, dan 16 beasiswa untuk pengembangan pengajaran dan penelitian).

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, jumlah dana yang diberikan adalah 24.000 Euro untuk satu tahun Master, 48.000 Euro untuk program dua tahun Master. Jumlah tersebut mencakup biaya kuliah 8.000 Euro/tahun, biaya hidup 12.000 Euro/tahun, dan mobility cost seperti biaya pesawat dan biaya perpindahan antarkota/negara selama studi sebesar 4.000 Euro/tahun. Untuk info lebih lanjutnya kamu bisa cek di sini ya!


Untuk daftar lengkap universitas di Prancis, klik di sini.


3. Beasiswa LPDP-BPI

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan program beasiswa yang dibiayai pemerintah Indonesia untuk membiayai studi pada program Magister dan Doktoral, baik di dalam maupun luar negeri. Prancis merupakan salah satu negara yang menerima beasiswa ini, di mana terdapat 17 institusi di Prancis yang masuk dalam daftar universitas LPDP. List-nya bisa kamu cek disini.

Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, pendanaan beasiswa ini mencakup biaya pendidikan dan biaya pendukung. Pada biaya pendidikan kamu akan mendapatkan pendanaan untuk pendaftaran universitas, uang SPP, dan non SPP (buku, penelitian tesis). Pada biaya pendukung pendanaan akan mencakup biaya transportasi keberangkatan dan kepulangan studi, asuransi kesehatan, visa, living cost, tunjangan keluarga, dll.

Nah, apalagi yang kamu tunggu? Yuk segera daftarkan dirimu untuk beasiswa-beasiswa diatas dan raih kesempatan belajar di Prancis!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Prancis, klik di sini.