Media
Language

Kuliah di Universitas Top Eropa

Last updated on 17 Aug 2018

photo-1513635269975-59663e0ac1ad.jpeg Photo by Benjamin Davies via Unsplash

Oleh Yuli S.

Bagi kalian yang berminat untuk melanjutkan studi Anda ke luar negeri untuk program kuliah S1 (Undergraduate) ataupun Master, negara-negara di Eropa bisa menjadi pilihan untuk studi kamu.

Tahukah kalian kalau universitas-universitas di Eropa mempunyai kualitas pendidikan dan pelatihan yang sangat baik?

Bahkan di dalam hasil riset The Times Higher Education World University Ranking 2018 yang merilis 1000 universitas terbaik di seluruh dunia, ada sekitar 400 universitas di Eropa yang menduduki peringkat tersebut.

Menilik lebih dalam lagi ke hasil rilis peringkat tersebut, universitas-universitas di Britania Raya mendapat tempat yang paling banyak di antara negara- negara Eropa lainnya. Selain itu universitas-universitas di Jerman, Swedia dan Swiss juga mendapat tempat cukup banyak.


Untuk info lengkap mengenai beasiswa LPDP untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


Bila kalian berminat mendaftar universitas di Eropa, simak berikut daftar universitas top di benua tersebut:

1. University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas yang tertua di Inggris dan kedua tertua di dunia. Reputasi akademik dari universitas ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam hasil rilis The Times Higher Education, University of Oxford menduduki peringkat paling atas universitas terbaik di antara universitas lainnya di Eropa. Universitas yang sangat bergengsi ini mempunyai pilihan program studi yang sangat terkenal yang meliputi bidang English and Literature, Anatomy and Physiology, Archaelogy, Arts & Humanities juga Geography. Beberapa alumni terkenal universitas ini adalah Stephen Hawking, Oscar Wilde, Tony Blair dan David Cameron.

2. University of Cambridge

Universitas yang terletak di kota Cambridge, Inggris ini juga sama bergengsi nya dengan University of Oxford. Universitas ini sudah berdiri kurang lebih dari abad ke 13. Kualitas akademik dan lingkungan belajar di universitas ini sangat amat baik. Universitas ini juga terkenal dengan perpustakaan nya yang mencapai 100 perpustakaan di dalam komplek kampus nya. Banyak penerima Nobel Prize yang juga merupakan alumni University of Cambridge.

3. Imperial College London

Universitas ini terletak di kota London. Menduduki peringkat ke 3 dari peringkat universitas di Eropa, Imperial College London hanya fokus mengajarkan program studi Science, Engineering, Medicine dan Business. Salah satu alumni terkenal universitas ini adalah Sir Alexander Fleming, penerima Nobel Prize untuk penemuan obat penicillin.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


4. ETH Zurich- Swiss Federal Institute of Technology Zurich

ETH Zurich merupakan universitas di kota Zurich, Swiss yang menawarkan program studi Science, Technology, Engineering dan Mathematics. Universitas di Swiss ini berhasil menduduki peringkat bergengsi dari daftar universitas terbaik di Eropa.

5. University College London

University College London terletak di pusat kota London. Universitas yang memiliki 11 fakultas ini terkenal karena penemuan-penemuan scientifik yang dilakukan oleh murid dan tenaga akademis nya banyak yang meraih penghargaan Nobel Prize.

6. London School of Economics and Political Science

Universitas yang berada di kota London ini mempunyai reputasi yang sangat baik dalam program studi Economics, Policits, Sociology, dan Law and Anthropology. Banyak peraih Nobel Prize salah satunya adalah Bertrand Russell.

7. University of Edinburgh

Universitas ini terletak di kota Edinburgh, Inggris. Fakultas studi yang sangat terkenal di universitas ini adalah College of Medicine and Veterinary Medicine. Universitas ini cukup terkenal dengan populasi pelajar internasional yang didominasi dari China dan Amerika Serikat.


Untuk info lengkap mengenai beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


8. LMU Munich

LMU Munich terletak di kota Munich, negara Jerman. Universitas ini juga menduduki peringkat 34 universitas terbaik di dunia dan sangat bergengsi di Eropa. Banyak pelajar mancanegara yang belajar di universitas ini. Universitas ini mempunyai 18 fakultas dan fakultas Medical merupakan salah satu fakultas terbaik di Jerman.

9. King’s College London

Universitas ini terletak di pusat kota London dan menduduki peringkat 36 terbaik dari seluruh universitas di dunia. Universitas ini terkenal karena menghasilkan riset –riset penting yang memajukan kehidupan manusia di bidang kesehatan dan teknologi.

10. Ecole Polytechnique Federale de Lausanne

Universitas ini terletak di negara Swiss. Populasi pelajar international nya tinggi , dan universitas ini terkenal karena merilis hasil-hasil riset yang ambisius di bidang Komputer dan Teknologi.

Demikian di atas daftar 10 universitas terbaik di Eropa. Bila kalian tertarik untuk melanjutkan kuliah ke Eropa, pilihan universitas terbaik di atas bisa jadi tujuan kamu. Kalian bisa dari sekarang mencari tahu lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dan syarat-syarat lain yang diperlukan.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Eropa, klik di sini