Media
Language

Kuliah di Polandia: Belajar Sekaligus Berpetualangl

Last updated on 17 Aug 2018

photo-1522689764216-4e6966e5e444.jpeg Photo by Lucas Albuquerque via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Apakah kamu pernah berencana untuk kuliah di Polandia?

Jika belum, kamu harus mempertimbangkannya!

Negara yang terletak di Eropa Tengah ini memiliki 100 lembaga pendidikan tinggi, bahkan ditemukan juga akademi tertua di dunia.

Selain itu, Polandia menjadi rumah bagi penikmat musik rock dengan diselenggarakannya Przystanek Woodstock, festival musik rock terbesar di Eropa setiap tahunnya.

Beragam budaya, kuliner, seni dan arsitektur bangunan yang memukau akan menjadi paket terbaik bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan sekaligus berpetualang.

Berikut ini kami sajikan alasan penting kenapa kamu harus melanjutkan studi di Polandia:

#1 Reputasi Universitas yang Baik

Polandia memiliki lebih dari 450 institusi pendidikan tinggi, dan tiga diantaranya secara luas diakui sebagai pusat akademik regional. Beberapa universitas juga tergolong sangat spesifik sehingga menghasilkan para praktisi dan peneliti berkualitas dari berbagai bidang yang luas.

Setiap tahunnya, Polandia memberikan peringkat teratas bagi tiga universitas ini:

• Universitas Warsaw

Universitas terbesar di Polandia, didirikan pada tahun 1816. Universitas ini menawarkan 37 bidang studi yang berbeda, dan lebih dari 100 subjek spesifik kepada ilmu humaniora, dan ilmu alam.

• Universitas Jagiellonian

Universitas tertua di Polandia dan tertua kedua di Eropa Tengah (setelah Universitas Charles di Praha) dan salah satu universitas tertua di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 1364, dan populer dengan program studi hukum, sastra dan film.

• Universitas Adam Mickiewicz

Terletak di kota Poznań (Polandia barat), universitas ini menjadi corong ketiga di dunia akamedis Polandia. Didirikan pada tahun 1919, dan populer dengan Fakultas Hukum dan Sejarah.

Lebih dari 7.000 mahasiswa asing setuju bahwa universitas di Polandia menyediakan pendidikan tinggi terbaik di Eropa. Berdasarkan database STeXX.eu, 325 mahasiswa memberi skor 9 dari 10 terhadap kualitas institusi. The Study PortalsInternational Student Satisfaction Awards 2014, mengumumkan bahwa Polandia berada di posisi kelima sebagai tempat terbaik untuk belajar di Eropa.


Untuk daftar lengkap universitas di Polandia, klik di sini.


#2 Biaya Hidup Relatif Murah

Salah satu kelebihan terbesar berkuliah di Polandia adalah biaya hidup yang relatif lebih murah ketimbang negara eropa lainnya.

Hal ini termasuk dalam lingkup biaya pendidikan, tempat tinggal dan kehidupan sehari-hari yang biayanya lebih terjangkau.

Estimasi biaya kuliah berkisar 3.000 EUR per tahun atau setara kurang lebih Rp 50 juta. Padahal negara-negara di Eropa umumnya meminta mahasiswa untuk membayar sekitar 10.000 EUR per tahun atau sekitar Rp 160 juta.

Sementara biaya tempat tinggal berupa flat di pusat kota berkisar 100 sampai 150 EUR, bahkan asmara yang biasa cenderung lebih mahal hanya dikenakan biaya 100 EUR saja. Transportasi umum pun sangat murah bila membeli tiket bulanan seharga 25 EUR. Selama musim panas, kamu bisa mengendarai sepeda yang kebanyakan disediakan gratis.

Untuk kebutuhan bersifat hiburan, misalnya menonton bioskop hanya dikenakan 3 EUR per-tiket dan makan siang biasanya seharga kurang dari 5 EUR. Bila kamu melanjutkan studi di Polandia, kamu akan sangat menghemat biaya hidup sehari-hari.

Tapi kembali lagi, biaya hidup yang dikeluarkan tergantung bagaimana kamu mampu mengelola keuangan sehari-hari dan juga gaya hidup yang tidak boros.

#3 Kehidupan Mahasiswa Mengasyikkan

Tentu saja sebagai mahasiswa asing tidak semua menyoal belajar tetapi juga melakukan aktivitas luar ruang, misalnya berpesta, olahraga, mengunjungi festival musik dan film, dan/atau menjelajahi kawasan baru.

Polandia sangat terkenal dengan festival-festival yang besar.

Bahkan setiap universitas memiliki kegiatan yang disebut Juwenalia, karnaval terbuka yang dijalankan oleh institusi dan terlibat di kota-kota besar. Selama Juwenalia, mahasiswa akan diliburkan agar dapat menikmati karnaval tersebut.


Untuk daftar lengkap beasiswa Kuliah di Polandia, klik di sini.


Beberapa hal lain yang bisa dilakukan di Polandia:

• Menikmati festival Kupala Day, tradisi dimana kaum muda melompati kobaran api sebagai simbol keberanian.

• Mengunjungi Piwnica Swidnicka, restoran tertua di Eropa yang telah ada sejak 1275.

Selain itu, Polandia termasuk dalam kawasan Schengen, dimana pemegang paspor dan visa Polandia dapat berkunjung ke 26 negara anggota kawasan tersebut dengan bebas visa.

Itulah mengapa kamu patut mempertimbangkan Polandia sebagai destinasi studi. Sudah siapkah kamu belajar di Polandia?


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Polandia, klik di sini.