Media
Language

Kuliah Aman dan Nyaman di Eropa

Last updated on 17 Jun 2018

photo-1463950727039-b337c55aba4e.jpeg Photo by Héctor Martínez via Unsplash

Oleh Yuli S.

Sudah memutuskan untuk belajar ke Eropa?

Mungkin pada tahap ini kalian sudah banyak mengetahui syarat-syarat dan proses pendaftaran yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas-universitas pilihan kalian di Eropa.

Tentunya waktu kalian cukup tersita ya untuk mengurusi proses registrasi, belum lagi mengurus visa yang diperlukan untuk masuk ke negara Eropa.

Nah, sebenarnya ada hal-hal lain yang juga perlu kalian perhatikan bila kalian akan belajar ke Eropa. Kehidupan di Eropa tentu saja cukup berbeda dengan kehidupan kalian di Indonesia, dan pastinya ada beberapa penyesuaian yang harus kalian lakukan supaya bisa belajar dan bergaul dengan mahasiswa-mahasiswa lain di sana.

Berikut ini adalah tips-tips aman dan sehat yang perlu kalian ketahui selama belajar di Eropa:


Untuk info lengkap mengenai beasiswa LPDP untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


1. Siapkan asuransi, sedia payung sebelum hujan.

Kalian perlu tahu kalau asuransi itu sangat penting lho untuk persiapan kalian sebagai mahasiswa di Eropa.

Bayangkan kalau kalian sakit dan perlu dirawat inap di rumah sakit, betapa pentingnya sebuah asuransi kesehatan sehingga biaya dokter, obat-obatan dan rumah sakit bisa ditanggung oleh asuransi.

Di negara-negara seperti Jerman dan Belanda, biaya hidup termasuk biaya dokter dan rumah sakit itu tinggi lho.

Coba mulai tanya-tanya mengenasi asuransi kesehatan untuk mahasiswa, dan persiapkan asuransi kesehatan sebagai perlindungan kalian di negeri orang.

2. Fotokopi atau scan dokumen penting studi dan perjalanan

Hal ini mungkin kadang suka terlewat, tapi kalian akan merasakan sendiri manfaatnya mempunyai backup dokumen penting seperti passport, visa, asuransi, kartu pelajar dan kartu identitas lain. Fotokopi, scan ataupun simpan foto secara digital di hp maupun email dokumen-dokumen penting tersebut dan sewaktu-waktu kalian perlukan bisa ditunjukan.

Bila seandainya salah satu dokumen asli seperti passport kalian hilang, setidaknya kalian masih punya berkas kopian yang memudahkan kalian untuk mengurus ulang dokumen tersebut.

3. Simpan dan ketahui nomor-nomor kontak penting

Selama kalian berada di Eropa, penting bagi kalian untuk mengetahui nomor-nomor darurat seperti nomor darurat kepolisian, nomor konsulat kedutaan, nomor darurat rumah sakit, ataupun nomor-nomor orang terdekat yang bisa kalian andalkan semisal kalian perlu bantuan darurat.

Catat dan simpan nomor-nomor pentingtersebut di sebuah catatan maupun di HP kalian.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


4. Bawa obat-obatan yang diperlukan

Ada baiknya selagi packing, kalian juga bawa beberapa obat-obatan yang dirasa perlu.

Bagi kalian yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu dan sudah mempunyai dokter di Indonesia, bisa kalian tanyakan dokter mengenai persiapan obat yang perlu dibawa.

Bagi kalian yang mempunyai alergi obat-obatan tertentu, membawa beberapa obat yang familiar tentunya membantu kalian di saat sakit, dibanding kalian harus susah-susah mencari obat di negeri orang yang mungkin berbeda ataupun susah kalian pahami.

5. Jangan lupakan olahraga

Meskipun tujuan kalian ke Eropa adalah untuk belajar, tapi kalian harus pahami kalau studi kalian pun akan terganggu kalau kalian sakit-sakitan.

Maka itu kalian harus pahami arti pentingnya menjaga kesehatan. Sempatkan diri untuk olahraga. Kalian bisa berlari, jalan cepat, atau nge gym.

Dan bila ada waktu senggang di akhir pekan, kalian bisa mengisi waktu dengan pergi hiking mencari udara segar, bersepeda, canoeing dan masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan untuk menjaga pola hidup sehat.


Untuk info lengkap mengenai beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


6. Pelajari sistim transportasi di negara tujuan

Sebagai mahasiswa tentu kalian sangat membutuhkan transportasi lokal dalam keseharian hidup, karena itu penting bagi kalian mempelajari sistem transportasi lokal di negara tujuan kalian belajar.

Ketahui rute bus maupun kereta yang kalian perlukan termasuk jadwal, cara membeli tiket, dan harga nya. Tentunya bila kalian mengerti sistem transportasi lokal di negara tujuan akan sangat memudahkan kalian untuk bepergian.

Demikian di atas adalah beberapa tips untuk menjaga kalian tetap aman dan sehat hidup di negeri orang.

Yang pasti, nikmatilah waktu kalian selama belajar di Eropa, bergaul lah sebanyak-banyak nya dan tetap jalani kehidupan yang positif!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Eropa, klik di sini