Media

Language

Kesulitan Bersosialisasi Saat Kuliah di Luar Negeri? Ini Caranya!

Last updated on 12 Sep 2017

Making Friends.jpg Sumber Foto: Flickr.com

Oleh Nurchalimah

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para mahasiswa yang kuliah di luar negeri adalah kesulitan dalam bersosialisasi. Faktanya perbedaan bahasa, adat, budaya dan juga kebiasaan bisa membuat kalian kesulitan untuk menempatkan diri dalam pergaulan di kampus.

Nah kali ini kita akan mengulas mengenai bagaimana cara bersosialisasi saat studi di luar negeri. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Tinggal di Asrama (Dormitory)

Jika ada pilihan untuk bisa tinggal dengan mahasiswa lain, maka jangan tolak kesempatan ini. Biasanya di asrama akan ada beberapa fasilitas yang harus digunakan bersama. Kondisi ini secara tidak langsung bisa membuat kalian bersosialisasi dengan mahasiswa lain di luar jam kampus.

Akan lebih baik jika kalian mempunyai teman sekamar. Siapa tahu juga jika calon teman sekamar kalian juga memiliki misi yang sama bukan? Akan lebih seru bagi kalian untuk mengenal lingkungan sekitar, gedung kampus dan juga gedung asrama bersama teman baru.

2. Percaya Diri dan Berpikiran Terbuka

Penting untuk tetap percaya diri dan berpikiran terbuka agar kalian bisa bergaul dengan baik. Jika selama ini kalian berada di zona nyaman maka cobalah untuk sedikit berbeda dan kalian akan melihat bahwa bergaul di lingkungan baru tidak sesulit yang dibayangkan. Mengingat ada banyak sekali mahasiswa dari negara lain di kampus, maka kalian harus selalu berpikiran terbuka. Ini penting karena perbedaan budaya, bahasa dan juga kebiasaan mengharuskan kalian untuk berpikir dari berbagai sudut pandang.

3. Bergabung Dalam Klub atau Komunitas

Cara terbaik selanjutnya untuk bersosialisasi saat studi di luar negeri adalah dengan bergabung di klub atau komunitas. Pilih klub atau komunitas yang sesuai dengan minat kalian. Dengan begini setidaknya secara rutin kalian akan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi,passion ataupun kesukaan yang sama. Ini akan sangat mempermudah kalian untuk bergaul dan berbaur lho.

4. Aktif di Berbagai Acara Kampus

Sebagai mahasiswa baru tentu ada banyak hal asing yang akan kalian temui dan hadapi. Di awal-awal semester biasanya para mahasiswa baru masih belum terbagi dalam grup pertemanan. Kalian bisa memanfaatkan ini untuk mendapat teman baru sebanyak mungkin. Jangan berpikir untuk memilih-milih teman. Tapi sebaliknya cobalah mengulurkan tangan terlebih dahulu.

Faktanya, di setiap tahun ajaran baru ada banyak sekali mahasiswa yang memiliki misi sama yaitu untuk bersosialisasi. Acara kampus adalah salah satu tempat terbaik untuk bersosialiasi. Jadi tandai kalender kalian dan jangan ragu untuk aktif di berbagai acara kampus agar bisa memperoleh banyak teman ya.

5. Mengasah Kemampuan Berbahasa

Membekali diri sendiri dengan kemampuan berbahasa adalah pilihan tepat. Setidaknya kalian harus menguasai bahasa lokal dan bahasa inggris sebagai modal utama untuk bisa bersosialisasi dengan baik.

Jangan lupa untuk menggunakan kelebihan orang Indonesia yaitu keramahan untuk bergaul di lingkungan baru ya!

6. Jelajahi Kota Tempat Tinggal

Tips terakhir, nikmati waktu luang kalian saat studi ke luar negeri dengan mengelilingi kota, mengunjungi tempat-tempat baru dan juga bertemu dengan warga lokal. Siapa tahu, kamu bisa menemukan hal-hal menarik dan inspiratif di jalanan kota, kafe ataupun taman kota!

Silahkan mencoba dan semoga berhasil!