Media
Language

Jurusan-Jurusan Terbaik Untuk Dipelajari Di Jerman

Last updated on 20 Apr 2018

jurusan.jpg Photo by Igor Ovsyannykov on Unsplash

Oleh Nurchalimah


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Beberapa orang yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, terkadang masih merasa bingung dengan jurusan yang akan diambil. Apalagi jika kamu merupakan fresh graduate dari jenjang SMA. Nah, Jerman sebagai salah satu negara yang populer di kalangan mahasiswa internasional nyatanya memiliki jurusan-jurusan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan lho. Simak beberapa jurusan terbaik di Jerman berikut ini:


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Kedokteran

Kedokteran menjadi salah satu jurusan yang cukup vital di jenjang universitas. Bahkan bisa dibilang bidang kedokteran selalu menjadi bagian penting dari eksistensi manusia pada umumnya. Kamu harus tahu bahwa progress penelitian, penemuan dan pengembangan di bidang kedokteran sangatlah maju di Jerman. Sebut saja penemuan penyakit Alzheimer, perekat perban, tabung X-ray hingga diphtheria antitoksin semuanya berasal dari Jerman.

Jadi, kamu yang berminat untuk belajar di jurusan kedokteran, jangan sia-siakan kesempatan untuk mencicipi kualitas pendidikan di universitas terbaik Jerman. Total ada 3 universitas Jerman yang masuk ke jajaran 100 besar universitas terbaik untuk jurusan kedokteran lho. Tidak hanya itu, Jerman juga menerima 24 penghargaan Nobel di bidang kedokteran.

Teknik Mesin

Ada 4 universitas teknik mesin Jerman yang masuk dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia. Tidak hanya itu, Jerman juga dikenal dengan baik tentang berbagai penemuan di bidang ini seperti sepeda, komputer hingga airbag. Beberapa poin ini sudah memberikan alasan yang cukup kuat untuk meyakinkanmu melanjutkan studi di Jerman kan?


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Sejarah

Memiliki sejarah yang kuat di masa lalu, tradisi dan budaya membuat universitas di Jerman menjadi universitas terbaik di bidang sejarah. Secara tidak langsung sejarah menjadi kekuatan alami dari Jerman. Jika kamu berminat untuk melanjutkan studi di jurusan sejarah, maka Humboldt University dan Freie University Berlin bisa menjadi tujuanmu. Hal ini karena kedua universitas ini menjadi universitas terbaik di Jerman untuk jurusan sejarah.


Universitas Populer di Jerman: RWTH Aachen University . Punya pertanyaan mengenai kuliah di universitas ini? Ingin bertanya langsung kepada perwakilannya? Ikuti Webinar Series - Study in Germany!


Fisika

Apa kamu tahu bahwa ahli fisika dari Jerman berhasil memperoleh sekitar 31 penghargaan Nobel? Tidak hanya itu, universitas-universitas di Jerman juga dikenal sebagai universitas dengan jurusan fisika terbaik di dunia.

Total sekitar 21 universitas di Jerman berhasil masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik di dunia menurut QS. Dari poin ini jelas, Jerman menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan studi ke Eropa kan?

Kimia

Tanpa kamu sadari eksistensi Jerman di bidang sains khususnya kimia sangatlah besar. Sebut saja ketergantungan manusia terhadap aspirin untuk mengatasi sakit kepala hingga kebutuhan morfin untuk mengurangi rasa sakit setelah operasi. Dua contoh di atas menjadi bukti bahwa Jerman memiliki cakar yang kuat di bidang ini.

Total sekitar 30 penghargaan Nobel diperoleh Jerman dari bidang kimia. Tidak hanya itu, universitas-universitas di Jerman dikenal dengan baik tentang metode belajar langsung untuk bidang ini.


Ingin kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa LPDP? Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP Program Magister Doktor, klik di sini.


Sastra

Kamu harus tahu bahwa beberapa universitas di Jerman dikenal memiliki jurusan seni dan sastra terbaik di dunia lho. Bahkan banyak ahli sastra dunia yang berasal dari Jerman, sebut saja seperti Goethe, Grass hingga Schiller. Mereka semua memiliki karir dan karya cemerlang di lingkup sastra Jerman dan dunia. Jadi memutuskan untuk belajar sastra di universitas-universitas terbaik di Jerman tentu akan memberikanmu keuntungan tersendiri kan?

Bahasa

Universitas-universitas di Jerman dikenal membutuhkan departemen bahasa. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas universitas menawarkan pengalaman belajar bersama. Jadi para mahasiswa asing diberikan kesempatan untuk bertemu dengan pembicara asli Jerman untuk bisa mempelajari bahasa Jerman lebih baik lagi dengan cuma-cuma. Tidak hanya itu, setiap universitas juga menawarkan beberapa kursus bahasa asing seperti Spanyol Perancis, Inggris, Italia dan lain sebagainya.

Kamu siap untuk melanjutkan studi di Jerman?


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.