Media

Language

Ingin Belajar Bahasa Prancis? Disini Tempatnya!

Last updated on 20 Apr 2018

IFI LOGO WEBSITE.jpg Photo © Institut Français Indonesia

Oleh Kristantinova

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Prancis, mempelajari bahasa Prancis secara basic adalah hal yang penting. Dengan kamu bisa bahasa Prancis, tentu akan memudahkan proses belajar dan aktivitas sehari-harimu selama berada disana. Mempelajari bahasa baru tentu tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Sebaiknya kamu mempersiapkan dirimu jauh-jauh hari dan mulai belajar dari sekarang. Nah, apakah kamu sudah memikirkan ingin belajar bahasa Prancis dimana? Jika belum, IFI adalah tempat yang tepat untuk kamu.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Prancis, klik di sini.


Apa itu IFI?

IFI merupakan Institut Prancis di Indonesia yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis di Indonesia. Saat ini IFI berada di empat kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Sejauh ini, sudah ada lebih dari 11.000 siswa yang belajar bahasa Prancis bersama IFI setiap tahunnya. Selain diampu oleh pengajar profesional yang berpengalaman dan tersertifikasi, IFI juga merupakan satu-satunya lembaga di Indonesia yang berwenang menyelenggarakan ujian sertifikasi bahasa Prancis yang diakui secara internasional.


Official website: Institut Français Indonesia


Sistem Pembelajaran

Hal yang menarik dengan belajar bahasa Prancis di IFI adalah sistem pembelajarannya yang mengikuti kebutuhan dari setiap siswanya. Apakah tujuan belajarmu adalah untuk melanjutkan studi atau untuk bekerja di Prancis? Karena pola belajar dan materi yang diberikan akan berbeda. Lalu, IFI juga membebaskan kamu untuk memilih kapan dan dimana kamu ingin belajar. Jika kamu sibuk dengan pekerjaanmu, kamu bisa memilih untuk kursus satu atau dua kali seminggu di malam hari atau di akhir pekan. Jika kamu sedang banyak waktu luang, kamu bisa memilih untuk kursus lima kali dalam seminggu di pagi atau siang hari.

Selain itu kamu juga bisa memilih apakah kamu ingin kursus yang berkelompok atau privat. Jika kamu senang belajar dan grup maka kamu bisa memilih kursus kolektif yang jumlah siswanya per kelas maksimal 20 orang. Jika kamu lebih senang belajar sendiri dan ingin materi yang disampaikan lebih spesifik untuk kebutuhanmu, maka kamu bisa memilih kursus privat. Lalu, kamu juga bisa memilih apakah kamu ingin kursus reguler yang waktu selesai kursusnya lebih lama (kursus ekstensif) atau kamu ingin ritme belajar yang lebih intens dan selesai dalam waktu yang lebih singkat (kursus intensif).


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Prancis.


Materi pembelajaran kursus di IFI

Materinya terdiri dari 6 level yaitu Pemula A1, Pemula A2, Menengah B1, Menengah B2, Mahir C1, dan Mahir C2. Setiap level dapat diikuti secara keseluruhan atau ditempuh dalam beberapa tahap. Misalnya, level A1 dapat dilaksanakan dalam 2 tahap dengan mendaftar tahap A1.1 dan dilanjutkan dengan A1.2.

Tapi, bagi kamu yang dikejar waktu, kamu bisa mendaftar untuk beberapa level sekaligus. Dalam kursus Super Intensif, siswa akan mempelajari 4 level sekaligus berturut-turut mulai dari level pemula A1 hingga menengah B2 dalam 7 bulan dengan frekuensi 30 jam per minggu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat tabel di bawah ini.

pic-level(5).jpg Photo © Institut Français Indonesia (Belajar sesuai ritme anda)


Baca juga: Pengalaman Bhirawa Arifi kuliah di Prancis dengan beasiswa.


Buat kamu yang ingin mendaftar, disarankan kamu melakukan pendaftaran 2 minggu sebelum kelas dimulai. Kamu bisa cek jadwal pendaftaran dan jadwal mulai kursus IFI di link berikut ini.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Segera daftarkan dirimu dapatkan pengalaman belajar bahasa Prancis yang sesuai dengan kebutuhanmu di IFI!

Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Prancis, klik di sini.