Media

Language

Homesick? Atasi Dengan Cara Ini!

Last updated on 11 Nov 2017

Artikel 1.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Nurchalimah

Saat memasuki jenjang universitas ada banyak perubahan yang akan kamu alami. Mulai dari rutinitas harian, lingkungan belajar, teman hingga masalah-masalah baru seperti homesickness. Memang tidak semua mahasiswa/i mengalami homesickness, mengingat homesickness identik dengan mereka yang tinggaal jauh dari rumah dan keluarganya. Jika kamu menempuh pendidikan di luar negeri? Maka homesickness akan sering kamu alami. Kabar baiknya, masalah homesickness ini bisa diatasi melalui beberapa cara. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya...

Memahami dan Menerima

Cara terbaik untuk mengatasi homesickness adalah dengan menyadari bahwa ini semua normal dan tidak ada yang salah denganmu. Kamu harus tahu bahwa mengalami homesickness merupakan bagian dari pelajaran hidup yang baru. Dalam segala hal, kamu tidak akan bisa melakukan apapun jika kamu tidak mengalami fase penyesuaian bukan?

Menyadari dan menerima homesickness yang kamu alami akan membuatmu mempelajari bagaimana cara menjalani hidup yang baru. Entah itu hidupmu sebagai mahasiswa/i perantauan ataupun hidupmu saat bekerja di kota atau negara lain.

Biasakan Diri Dengan Sekitar

Apakah kamu tahu bahwa rasa tidak nyaman dan asing adalah bagian terbesar dalam homesickness. Cobalah untuk mengenal teman kampusmu dan juga area sekitar. Mengelilingi kampus ataupun kota bersama teman ataupun sendirian saat akhir pekan bisa membantumu dalam mengatasi homesickness. Semakin kamu merasa nyaman dengan kampus dan lingkungan sekitar, maka kamu akan semakin nyaman meskipun tinggal jauh dari rumah dan keluarga.

Sibukkan Diri

Homesickness seringkali menimpa para mahasiwa/i baru karena mereka merasa tidak nyaman dan merasa asing dengan sekitarnya. Rasa rindu akan rumah muncul karena rasa aman dan nyaman selama berasa di rumah. Sedangkan rasa tidak nyaman muncul karena kamu tidak tahu apapun dan siapapun di sekitarmu saat ini. Namun, apakah kamu tahu bahwa dengan tetap menyibukkan diri bisa membantumu untuk mengusir homesickness? Lakukan berbagai aktivitas yang membuatmu nyaman dan buatlah rutinitas agar kamu tidak terus-menerus mengingat rumah dan merasa kesepian.

Atur Komunikasi Dengan Keluarga

Beberapa orang mengatakan bahwa menghindari komunikasi dengan keluarga dan teman-teman lama bisa membuatmu jauh dari homesickness. Tapi faktanya, sangat tidak benar jika kamu berada jauh dari rumah dan tidak berkomunikasi bukan? Cara yang benar untuk mengatasi homesickness adalah mengatur atau membatasi komunikasi dengan mereka. Jaga perasaanmu agar merasa tetap terhubung dengan keluarga tanpa harus merasa bergantung pada mereka. Jadikan lingkungan lamamu sebagai motivasi dalam menjalani hidup yang baru.

Sharing dengan Teman Atau Ahli

Jika kamu merasa homesickness mu semakin memburuk, tidak ada salahnya untuk berbagi dengan orang lain. Sharing dengan teman adalah salah satu jalan yang bisa kamu tempuh. Jika kamu merasa tidak terlalu nyaman untuk membicarakan masalah homesickness ini secara langsung, maka kamu bisa minta pendapat mereka untuk membantumu menemukan klub atau komunitas di kampus yang cocok denganmu. Selain sharing dengan teman, kamu juga bisa menemui ahli atau profesional di bidangnya. Biasanya di beberapa kampus ada layanan untuk membantu para mahasiswa/i baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Kamu jelas bisa memanfaatkan layanan ini untuk menemukan jalan keluar dari masalah homesickness ini.

Terlepas dari cara-cara di atas, kamu juga bisa mengurangi homesickness dengan membawa barang-barang yang bisa mengingatkanmu pada rumah, keluarga dan juga teman lama. Album foto atau barang kenangan lain mungkin bisa sedikit membantu mengurangi homesickness mu.

Ayo semangat meraih mimpi dan jangan biarkan homesickness menghalangimu!