Media

Language

Hal-Hal Menarik Mengenai Budaya Perancis

Last updated on 10 Jan 2018

photo-1482349988240-aa1f61e7bddf.jpeg Photo by Darren Coleshill on Unsplash

Oleh Rebecca Isjwara

Hidup di Perancis sepertinya romantis untuk mahasiswa dan juga turis-turis asing. Tidak heran kalau negara itu menarik; semakin banyak kamu belajar tentang Perancis, semakin menarik rupanya. Mulai dari seni lukis, makanan yang sedap, hingga fashion yang keren, banyak sekali daya tarik negara tersebut. Tapi gimana kalau kamu sudah berencana studi di Perancis dan bingung beradaptasi dengan lingkungan sekitar? Inilah beberapa tips untuk hidup ala Perancis namun tetap menghargai budaya mereka.

1. Berbicaralah dengan bahasa Perancis

Bukanlah rahasia kalau penduduk Perancis mengharapkan kamu menggunakan bahasa mereka, meskipun penampilanmu mengisyaratkan bahwa kamu jelas-jelas merupakan pendatang asing. Mungkin kamu sudah mendapatkan warning dari teman-teman kamu, dan dengarlah mereka: cobalah untuk belajar bahasa Perancis. Kalau kamu mau tinggal di sana, mungkin situasi inilah yang akan memaksa kamu untuk menguasai bahasa Perancis.

2. Berbaurlah dengan pakaianmu

Meski Perancis terkenal untuk budaya modenya, mereka lebih suka kalau kamu tidak berpenampilan mencolok. Mungkin kamu akan sadar ini ketika mendarat di Perancis dan melihat kalau di sana, warna-warna yang redup cenderung dipakai oleh mereka. Bukannya fashion sense mereka jelek, tapi mereka lebih suka berpenampilan sederhana namun classy. Sebelum packing, carilah French fashion di Google ataupun Pinterest untuk mencari inspirasi.

3. Hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup

Penduduk Perancis menganggap budaya makan dan kuliner mereka sebagai hal yang sangat serius (kamu akan setuju saat mencicipi makanan di sana), berbeda dengan kebiasaan kita untuk makan lalu capcus ke tujuan berikutnya. Di Perancis, makan merupakan hal yang memakan waktu karena ada ada beberapa sajian dan masing-masing harus dinikmati betul. Mereka juga cenderung makan lebih malam, sekitar jam 8 malam dan bukan jam 6.

4. Cipika-cipiki

Ternyata di Perancis, budaya cipika cipiki juga populer loh! Mereka juga cipika cipiki kalau baru ketemu, jadi jangan kaget kalau tiba-tiba disapa seperti itu oleh mereka. Hal yang mungkin baru adalah ternyata pria juga cipika cipiki kalau bertemu.

5. Mengenai ramah tamah

Di Perancis, menyapa orang yang tidak kamu kenal merupakan hal yang sangat aneh. Kalau mungkin kamu tersasar di sana, lebih baik kamu mendatangi polisi yang bertugas atau mampir ke information booth di stasiun kereta untuk menanyakan arah. Kalau benar-benar terpaksa, hafalkan kata-kata “permisi” dan “tolong” dalam bahasa Perancis dan siap-siap berbicara dengan bahasa yang sopan, sehingga mereka tidak akan menganggap kamu tidak sopan.