Media
Language

Detik-Detik Terakhir: Hal-Hal Penting Menuju Deadline

Last updated on 15 Aug 2018

photo-1506452819137-0422416856b8.jpeg Foto oleh Kevin di Unsplash

Oleh Rebecca Isjwara

New year, new… applications? Meski ini minggu-minggu pertama tahun 2018, penutupan pendaftaran juga mulai mendekat. Portal pendaftaran kuliah Inggris UCAS tutup tanggal 15 January, deadline untuk Swedia tahun ini tanggal 16 Januari, deadline Finaldia sekitar akhir Januari, dan pendaftaran untuk Irlandia tutup tanggal 1 Februari. (Untuk daftar lebih lanjut, silakan lihat di Study.EU). Meski deadline sudah mendekat, formulir pendaftaran tetap harus diisi dengan informasi yang benar. Tapi mulai dari mana ya? Kalian dapat mulai dari hal-hal berikut:

1. Tetap tenang

Meski kita cenderung untuk panik (maklum kok), ingatlah bahwa kamu punya 24 jam sehari untuk menyelesaikan apapun yang butuh diselesaikan. Kosongkan dulu jadwal kamu dengan menjadwal ulang janjian kamu untuk ngopi bersama teman-teman, dan tarik nafas dalam-dalam karena kamu bisa melalui ini!

2. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukuan

Mulailah dengan hal-hal yang memakan waktu. Apakah kamu butuh legalisir ijazah SMA atau kuliah? Apa kamu butuh terjemahan profesional untuk nilai-nilai kamu? Kamu butuh surat referensi kah? Laksanakan hal-hal tersebut terlebih dahulu karena kamu tidak punya banyak waktu. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan hal-hal yang lain, seperti menulis personal statement dan keperluan lain-lainnya.

3. Cari tahu apa kamu bisa mengirim nilai tes telat

Ini bukanlah hal yang umum direkomendasikan, tapi waktunya mencari kesempatan dalam kesempitan! Jika ada kuliah yang meminta nilai tes yang belum kamu miliki, kontak mereka dan tanya apa nilai-nilai kamu bisa disusulkan. Beberapa institusi akan membolehkan kamu untuk menyusulkan nilai asal kamu menyatakan tanggal berapa kamu akan mengambil tes tersebut. Jika kamu menyerahkan nilai pada waktunya, seharusnya ini tidak menjadi masalah.

4. Fokus ke Personal Statement kamu

Semua kuliah menekankan ini untuk alasan yang masuk akal: ini adalah satu-satunya cara mereka dapat belajar mengenai karakter kamu, karena hal-hal lain yang masuk di pendaftaran kamu adalah sertifikasi yang didominasi angka. Pendaftaran dapat diserahkan duluan atau mepet dengan deadline, tapi setiap file akan dicermati secara adil dan equal. Personal statement tetap merupakan elemen yang sangat penting. Rileks sedikit dan fokus untuk menulis personal statement yang benar-benar mewakili dirimu. Minta tolong juga pada teman-teman kamu untuk membantu revisi statement kamu sampai akhirnya di-submit (dan mungkin traktir mereka juga untuk bantuan emergency mereka).

5. Cek ulang semua informasi kamu

Selagi panik, mungkin saja kamu salah memasukkan informasi atau lupa meng-upload dokumen tertentu. Gunakan waktumu yang tersisa untuk melihat ulang checklist dan pastikan semua dokumen dan informasi yang kamu masukkan sudah benar dan merupakan informasi terbaru. Pastikan juga informasi-informasi penting seperti nama lengkap dan nomor paspor sesuai dengan dokumen yang asli.

6. Tekan tombol submit

Terakhir, jangan lupa untuk menekan tombol submit setelah mengisi semua informasimu. Sayang kalau kelewatan, jadi pastikan semua kerja kerasmu sampai pada administrator institusi dan kuliah untuk proses lebih lanjut. Sekarang, kamu bisa santai sedikit… sampai kamu menunggu hasilnya. Tapi itu merupakan hal yang akan dikhawatirkan di saat nanti.

Selamat berjuang semua!