Media

Language

Do’s & Don’ts Penggunaan Media Sosial Bagi Mahasiswa

Last updated on 29 Dec 2017

social media.png

Oleh Nurchalimah

Saat ini bisa dibilang hampir semua mahasiswa pasti memiliki akun media sosial. Kebutuhan untuk tetap terhubung dengan orang lain menjadi salah satu faktor yang membuat kamu tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial.

Nah, di sisi lain kamu harus tahu bahwa perusahaan jaman sekarang juga menjadikan media sosial sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan perekrutan. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan bekerja di perusahaan yang besar hanya karena image negatif kamu di media sosial ya.

Untuk itu, yuk kita simak do’s dan don’ts dalam penggunaan media sosial bagi mahasiswa berikut ini:

DO’S

1. Postingan Sesuai Hobi dan Ketertarikan

Meskipun sepele tapi membiasakan diri untuk memposting sesuatu yang berkaitan dengan hobi dan ketertarikan bisa membantumu mendapatkan pekerjaan lho. Kamu harus tahu bahwa beberapa perusahaan akan melakukan pengecekan melalui media sosial sebagai salah satu bentuk pertimbangan dalam perekrutan karyawan.

Aktivitas, hobi dan juga ketertarikan positif ataupun unik seperti kegiatan sebagai sukarelawan, olahraga hingga traveling bisa membuat mereka mengetahui lebih banyak tentang diri kamu. Tidak menutup kemungkinan juga hobi yang kamu miliki bisa membuatmu mendapat pekerjaan.

2. Postingan Berkualitas

Memposting postingan berkualitas seperti quote dari penulis terkenal, pemimpin dunia, ilmuwan hingga orang-orang terkenal lain bisa membantu menunjukkan siapa kamu dan bagaimana cara berpikir kamu. Secara tidak langsung postingan-postingan berkualitas akan membangun image kamu sebagai seorang intelektual.

3. Menahan Diri Memposting Informasi Pribadi yang Penting

Passport, boarding pass dan kartu ID atau member adalah beberapa jenis informasi yang seharusnya dihindari untuk diposting di media sosial. Menahan diri dari memposting informasi ini bisa menghindarkan kamu dari bahaya. Mulai dari bahaya kartu kredit dibobol, rumah atau apartemen dimasuki orang asing hingga keselamatanmu saat di perjalanan atau liburan. Oiya, kebiasaan “check in” di media sosial juga bisa membuat orang lain dengan mudah mengetahui keberadaan kamu lho. Jadi hindari juga untuk terlalu sering “check ini” demi menjaga keamananmu.

4. Manajemen Waktu

Media sosial bisa membuatmu kehilangan waktu. Sekali masuk ke akun media sosial maka kamu tidak akan pernah tahu, kapan kamu akan kembali ke kehidupan nyata. Faktanya quality time bersama sahabat dan keluarga hingga waktu untuk belajar akan terbuang sia-sia. Jadi sebisa mungkin atur waktu untuk menggunakan media sosial agar rutinitas dan produktivitasmu tidak terganggu.

DON’TS

1. Memposting Tentang Aktivitas Ilegal

Ada beberapa orang yang ditahan atau berurusan dengan pihak berwajib hanya karena postingan di media sosial. Kegiatan sepele seperti memposting bualan tentang barang-barang pencurian atau foto mabuk saat kondisi kamu di bawah umur di media sosial nyatanya bisa membawa bencana. Jika kamu bepikir bahwa akunmu sudah di private, maka sebaiknya kamu berpikir lagi. Faktanya, informasi kontak yang ada di akun media sosialmu bisa diunduh dan disimpan oleh siapa saja termasuk orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Mempercayai Segala yang Kamu Baca

Meskipun saat ini kamu bisa mendapatkan segala informasi dari internet. Tapi kamu juga harus tahu bahwa tidak semua informasi itu terpercaya. Berita palsu atau hoax menjadi hal yang lumrah di internet khususnya untuk media sosial. Sebisa mungkin hindari mencari informasi dari medsos dan beralihlah ke sumber berita yang lebih terpercaya.

3. Menjadi Agresif atau Negatif di Media Sosial

Kebebasan berpendapat memang penting dan menjadi kelebihan media sosial. Tapi sebaiknya jangan memposting hal yang berbau SARA. Selain itu komentar negatif tentang public figures atau perusahaan tertentu harus kamu hindari. Apalagi jika nantinya kamu berencana untuk masuk ke industri itu. Faktanya tidak ada perusahaan manapun yang mau merekrut orang dengan attitude yang buruk.

Semoga kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial ya!