Media

Language

Day 1 Overview: Webinar Series "Study in Germany"

Last updated on 20 Apr 2018

DAAD_Webinar_VisualAssets_FB2_#1.jpg

Oleh Kristantinova

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan studi ke Jerman, apakah kamu sudah tahu bahwa pada tanggal 20-22 Maret 2018, akan ada Webinar Series (Seminar Online) "Study in Germany" yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaanmu seputar studi di Jerman. Rangkaian acara Webinar Series yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut terdiri dari presentasi online oleh Perguruan Tinggi di Jerman yang kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab. Untuk REGISTRASI, klik di sini.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Pada hari pertama Webinar Series "Study in Germany" akan terdiri dari 6 presentasi, 1 dari DAAD dan 5 dari Perguruan Tinggi dan Institusi Pendidikan di Jerman, yang antara lain adalah TestDaF-Institut, University of Konstanz, Hof University of Applied Sciences, Berlin School of Economics and Law, dan Brandenburg University of Technology Cottbus-Senftenberg. Acara yang pada hari Selasa, 20 Maret 2018 pukul 15.00-18.00 ini akan berfokus pada Preparation – All Subjects – Business & Economy.

Pada presentasi pertama, kamu bisa mendapatkan informasi secara umum tentang studi di Jerman dan beasiswa apa saja yang bisa kamu apply untuk studimu nanti. Para alumni yang pernah berkuliah di Jerman akan membagikan pengalaman mereka mulai dari mencari universitas, mendapatkan informasi dan kontak universitas tersebut, prosedur pendaftaran, persiapan bahasa, persiapan biaya, dan lain sebagainya.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Selanjutnya kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kursus persiapan bahasa Jermanmu dari TestDaF-Institut yang hasil tesnya diakui oleh seluruh universitas di Jerman. TestDaF-Institut menyediakan kursus belajar bahasa Jerman yang disebut TestDaF-training sebelum pada akhirnya murid akan mengikuti TestDaF. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi lebih dalam mengenai proses persiapan TestDaF sebelum kamu nantinya belajar disana.

Universitas pertama yang akan presentasi adalah University of Konstanz. Program studi yang bisa kamu pilih sangat beragam di universitas ini, mulai dari Biological Sceinces, Computer and Information Science, Law, hingga Social and Economic Data Analysis. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S2, kamu bisa mengambil program S2 bahasa Inggris untuk program studi matematika, natural sciences, politik, hukum, ekonomi, dan sosial. Selain itu kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai program double degree. Selain program studi, kamu juga bisa tahu mengenai kegiatan atau klub kampus apa yang bisa kamu ambil untuk kegiatan di luar studimu.


Ingin kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa LPDP? Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP Program Magister Doktor, klik di sini.


Universitas selanjutnya yang akan presentasi adalah Hof University of Applied Sciences. Universitas yang berada pada urutan 54 di QS Rank ini menyediakan berbagai program studi mulai dari Bisnis, Engineering, dan Computer Science. Untuk program Master berbasis bahasa Inggris yang masa belajarnya adalah 2 tahun, Hof University memberikan kalian beberapa pilihan yang antara lain adalah program Master Operational Excellence (MBA and M.Eng), program MBA General Management, program Software Engineering for Industrial Applications (M.Eng), Innovative Textiles (B.Eng), Global Management (M.A.), dan German-Indian Management Studies (M.B.A.).

Jika kamu sudah membaca-baca informasi mengenai proses pendaftaran untuk masuk ke universitas ini dan masih ada beberapa hal yang kamu bingungkan, kamu bisa tanyakan hal tersebut di Webinar Series "Study in Germany" ini. Misalnya, apakah ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa mengambil program Master. Selain itu, kamu juga bisa cari tahu mengenai beasiswa untuk mahasiswa internasional seperti “Bayernstipendium” yang bisa kamu apply untuk masuk ke universitas yang telah berdiri sejak tahun 1994 ini.


Official Webiste: DAAD Indonesia


Universitas selanjutnya adalah Berlin School of Economics and Law. Program studi yang bisa kamu ambil adalah Ekonomi, Manajemen Internasional, dan Digital Business Management. Bagi kamu yang ingin mendalami ilmu ekonomi dan manajemen bisnis, universitas ini dapat menjadi salah opsimu dan kamu bisa memanfaatkan kesempatan di Webinars "Study in Germany" ini untuk bertanya-tanya seputar studi disana.

Universitas terakhir yang akan presentasi adalah Brandenburg University of Technology Cottbus-Senftenberg. BTU adalah universitas yang baru berkembang dan masih muda dibandingkan dengan universitas lain di Jerman. Program studi yang ada di universitas ini antara lain adalah Built Environment, Business Sciences, Cultural Sciences, Engineering Sciences, Environment Sciences, Health/Social/Music Pedagogy, Mathematics/Natural & Computer Sciences.

Nah, itu tadi sekilas mengenai info-info apa saja yang bisa kamu peroleh pada Webinar Series "Study in Germany" hari pertama.

Jangan lewatkan kesempatan langka untuk bertanya-tanya lebih jauh ke perwakilan universitas-universitas tersebut di Webinar Series yang akan diselenggarakan sebentar lagi ini ya! Untuk registrasi, klik di sini.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.