Media
Language

Belajar Bahasa Perancis Dengan Smartphone-Mu!

Last updated on 08 Jun 2018

french apps 1.jpg Photo by Saulo Mohana on Unsplash

Oleh Nurchalimah

Bahasa Perancis menjadi salah satu jenis bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menyerah sebelum berperang ya. Apalagi jika kondisinya kamu memang memiliki target untuk menempuh pendidikan di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel-nya ini.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Prancis, klik di sini.


Selain mengikuti kursus bahasa, untuk mendukung proes pembelajaran kamu juga bisa mengasah dan melatih kemampuan bahasa Perancismu menggunakan hal lain seperti French Podcast, YouTube Channels, menonton film Perancis hingga mendengar lagu-lagu Perancis. Di luar keempat media tadi, kamu juga bisa melatih kemampuanmu menggunakan aplikasi smartphone lho.


Universitas Populer di Perancis: CentraleSupélec


Yuk kita simak 3 aplikasi smartphone yang bisa membantumu menguasai bahasa Perancis lebih cepat:

1. Rosetta Stone

Nah, aplikasi yang stau ini sudah tersedia di Play Store dan App Store, jadi apapun merek smartphonemu selama masih menggunakan sistem iOS dan Android. Rosetta Stone merupakan salah satu pioneer untuk aplikasi bahasa Perancis.

Aplikasi ini menawarkan pengalaman belajar bahasa Perancis yang total dan menyenangkan. Dari awal, Rosetta Stone mengajarkan bahasa Perancis murni, di mana kamu tidak akan menemukan satu pun kata bahasa Inggris dalam course-nya. Meskipun aplikasi ini tidak tersedia secara gratis,tapi kamu bisa mencoba demo gratisnya terlebih dahulu kok.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Prancis.


2. Memrise

Aplikasi yang satu ini tersedia di Play Store dan App Store secara gratis. Memrise manjadi aplikasi yang paling inovatif dalam mempelajari kosakata Perancis. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengingat kosakata bahasa Perancis, maka aplikasi ini memang kamu butuhkan. Berbeda dengan aplikasi lain, Memrise tidak hanya mengajarkan kosakata melalui gambar. Lebih dari itu kamu juga akan belajar bahasa Perancis melalui humor-humor kreatif di aplikasi ini. Memrise memiliki cukup banyak modul mulai dari tingkat basic hingga advance, di mana setiap kata akan dihadirkan dalam 15 tema seperti kata kerja, pemikiran, perasaan hingga warna-warna.


Untuk daftar lengkap universitas di Prancis, klik di sini.


3. Duolingo

Aplikasi gratis yang satu ini sudah tersedia di App Store dan Play Store. Di antara semua aplikasi bahasa Perancis yang sudah kita bahas tadi, sepertinya Duolingo menjadi aplikasi dengan keseimbangan terbaik antara mempelajari bahasa Perancis dan kesenangan bermain games. Mengingat aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik di App Store dan Play Store di tahun 2013 lalu, maka jelas kamu tidak perlu meragukan aplikasi ini.

Total ada sekitar 60 unit untuk Duolingo French, di mana setiap unitnya terdapat berbagai hal seperti adjectives, kata tanya, bentuk kata, kata benda abstrak, istilah teknis dan potongan bahasa. Dalam setiap unit akan ada sub unit di mana Duolingo akan mengajarkanmu tentang 7 kata baru. Selain itu, dalam satu unit akan ada sekitar 20 pertanyaan. Kamu akan merasakan kombinasi menyenangkan dalam belajar bahasa Perancis melalui penyusunan kalimat, mencocokkan gambar dengan kata hingga mengulang frase dalam bahasa Perancis.

Aplikasi mana yang menjadi favoritmu?

Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Prancis, klik di sini.