Media
Language

Belajar Bahasa Jerman Bersama Goethe Insistut

Last updated on 20 Apr 2018

Goethe Institut.jpg Sumber foto: mladiinfo.eu

Oleh Nurchalimah


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Dari sekian banyak negara di Eropa, Jerman menjadi salah satu yang menjadi favorit bagi para mahasiswa Indonesia yang mau melanjutkan studi. Pendidikan yang berkualitas, jajaran universitas terbaik, hingga kultur dan budaya yang menjanjikan untuk dieksplor menjadi beberapa alasan kenapa Jerman difavoritkan. Tapi, di luar semua itu nyatanya bahasa Jerman yang notabene merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia, membuat beberapa orang sedikit bimbang untuk melanjutkan studi ke Jerman.

Pada dasarnya, untuk melanjutkan kuliah di Jerman, kamu harus bisa menguasai bahasanya. Hal ini karena tidak semua mata kuliah di sana disampaikan menggunakan bahasa Inggris. Lagipula, dengan menguasai bahasa Jerman maka kamu juga bisa lebih mudah beradaptasi saat memulai kehidupan di Jerman.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Belajar Bahasa Jerman Bersama Goethe Insistut

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia dan memang berminat untuk melanjutkan kuliah di Jerman, maka kamu bisa belajar bahasa Jerman bersama Goethe Institut. Goethe-Institut merupakan institute kebudayaan Republik Federal Jerman yang mengembangkan aktivitas di berbagai negara. Institut ini berusaha untuk ikut mengembangkan pengetahuan mengenai bahasa Jerman di luar Jerman. Selain itu Geoethe Institut juga memelihara kerjasama internasional dalam bidang budaya.


Official Website: Goethe Institut


Jenis Kursus yang Ditawarkan Oleh Goethe Istitut

Ada dua jenis kursus bahasa Jerman di Goethe Institut yaitu kursus spesial dan kursus standar. Untuk kursus spesial sendiri masih dibagi menjadi dua jenis yaitu kursus individual dan kelompok kecil serta kursus untuk perusahaan. Sedangkan untuk kursus standar berikut adalah rinciannya:

1. Kursus Ekstensif

Kursus yang satu ini dimulai setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober dengan lama kursus sekitar 10 minggu. Setiap minggunya kamu bisa memilih untuk melakukan pertemuan sekali atau dua kali dengan rincian dua kali pertemuan dengan waktu 3 jam pelajaran perhari atau sekali pertemuan dengan waktu 6 jam pelajaran per hari. Kemajuan yang diharapkan dari kelas ini sebanyak 1 tingkat Untuk kursus intensif ini, maksimal siswanya adalah 22 orang per kelas dengan biaya sekitar Rp. 2.450.000 hingga Rp. 2.600.000.

2. Kursus Intensif

Kemudian untuk kelas kursus intensif, kelas dimulai setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober dengan lama kursus sekitar 10 minggu. Kelas kursus intensif ini memiliki frekuensi pertemuan 3 kali perminggu dengan lama pertemuan 4 jam pelajaran perhari. Kemajuan yang diharapkan dari kelas ini sebanyak 2 tingkat. Maksimal jumlah siswa untuk kelas ini adalah 22 orang per kelas dengan biaya kursus sekitar Rp. 4.550.000.

3. Kursus Super Instensif

Nah, untuk kelas kursus super insentif ini kamu akan menjalani kursus selama 10 minggu. Kelas dimulai setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Frekuensi pertemuan untuk kelas super intensif adalah 5 kali pertemuan per minggu dengan lama waktu 5 jam pelajaran per hari. Kemajuan yang diharapkan dari kelas ini sebanyak 4 tingkat. Biaya kursus untuk kelas yang maksimal diisi dengan 22 siswa ini adalah sekitar Rp. 8.700.000.


Universitas Populer di Jerman: University of Konstanz. Punya pertanyaan mengenai kuliah di universitas ini? Ingin bertanya langsung kepada perwakilannya? Ikuti Webinar Series - Study in Germany!


Nah, bagi kamu yang non-pemula, kamu bisa mengikuti tes penempatan di Goethe Institut untuk bisa mengetahui kemampuan bahasa Jermanmu saat ini. Dengan melakukan tes ini, maka kamu bisa menentukan kursus mana yang cocok dengan kebutuhan dan kondisimu. Durasi tes penempatan ini hanya sekitar 1 jam dengan biaya Rp. 300.000 saja.

Kamu berminat untuk menguasai bahasa Jerman bersama Goethe Institut? Kamu bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai kursus, jadwal dan biaya di sini. Kemudian untuk kontak, pendaftaran hingga persyaratan yang diperlukan bisa kamu lihat di sini.

Ayo wujudkan mimpimu untuk melanjutkan kuliah di Jerman..


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.