Media
Language

Bangunan Unik Wajib Dikunjungi Di Eropa

Last updated on 27 Apr 2018

Eropa memang maju dalam berbagai hal, bahkan dengan tetap mempertahankan sejarah dan budaya mereka. Hal ini menjadi salah satu yang membuat Eropa menjadi benua kaya dalam banyak hal, walaupun benuanya bukan benua terluas dalam geografis. Lihat saja karya mereka dalam bangunan unik, bisa dibilang aneh, namun benar-benar kaya akan seni dan imaginasi dari arsitektur yang brilian.

Kinemax, France

futuroscope-kinemax.jpg

Kinemax, France

Kinemax tak hanya bangunan gedung bioskop biasa yang sering kita temukan. Bangunan ini menjadi simbol kecerdasan natural dari karya arsitektur Prancis. Terletak di kanan depan danau buatan, menjadikan banguan ini terlihat cantik dan antural seperti staglagtit. Berbentuk kristal dengan tinggi 35 meter yang terbuat dari bahan dasar baja asli, bangunan ini nampak eksotik degan kilau lapisannya. Tak hanya memukau dari luar, kinemax memiliki kualitas tinggi sebagai gedung bioskop, didukung dengan luasya yang mendekati 600 m2

Stare_Mesto_Old_Town_Prague_Czech_Republic_CAPAET0598.jpg

The Dancing House’, Czech Republic

Terletak di titik pertemuan dua jalan, dekat dengan alun-alun yang unik, bangunan ini di desain oleh Frank Owen Gehry. Desain The Dancing House menggunakan skema menara kembar di sudut, membuat transisi yang mulus dari berbagai sudut, sementara pada saat yang sama menciptakan titik fokus visual yang kuat. Disebut juga sebagai bangunan Nationale-Nederlanden di jalan Rašínovo nábřeží, bangunan di desain di tahun 1992 dan selesai dibangun pada tahun 1996. Desain yang sangat non-tradisional ini sempat menjadi kontroversi karena berdiri di antara bangunan Baroque, Gothic dan Art Nouveau pada saat itu terkenal di Praha terkenal.

Atomium, Brussel

atomium-brussels.jpg

Atomium adalah sebuah bangunan di Brussels yang awalnya dibangun untuk Expo 58, pada tahun 1958 di Pameran Dunia Brussels. Bangunan unik ini dirancang oleh insinyur André Waterkeyn dan dua arsitek, André dan Jean Polak. Berdiri dengan tinggi 102 m (335 kaki) dengan luas diameter 18 m (59 kaki) diameter, Atomium terbuat dari stainless steel berbentuk bola yang salig terhubung sehingga keseluruhan membentuk bentuk sel satuan kristal besi yang diperbesar 165 milyar kali. Bangunan ini kini menjadi sebuah museum.

Guggenheim Museum Bilbao, Spain

bilbaoabout.jpg

Ketika dibuka pada tahun 1997, Frank Gehry, seorang Kanada-Amerika, -mendesain Guggenheim Museum Bilbao- struktur spektakuler yang terbuat dari titanium, kaca, dan batu kapur- yang kemudian dielu-elukan sebagai bangunan paling penting pada masanya. Terletak di kota Basque Bilbao di Spanyol utara, museum ini menghadirkan pameran yang diselenggarakan oleh Guggenheim Foundation dan dengan Guggenheim Museum Bilbao, serta pilihan dari koleksi permanen dari Museum Guggenheim.

Referensi:

http://health-nutrition2.blogspot.com/2013/06/5-unique-buildings-in-europe.html

http://www.archello.com/en/project/nationale-nederlanden-building#

http://www.guggenheim.org/bilbao/about

https://en.wikipedia.org/wiki/Atomium

Sumber foto:

http://logis.du.jacquelin.free.fr/photos/tourisme/futuroscope-kinemax.jpg

http://www.journeymart.com/de/AttrationImages/atomium-brussels.jpg

http://www.civicartsproject.com/wp-content/uploads/2012/05/Stare_Mesto_Old_Town_Prague_Czech_Republic_CAPAET0598.jpg

http://media.guggenheim.org/content/Affiliates/Bilbao/homepage/bilbaoabout.jpg