Media

Language

Bagaimana Cara Mengatasi Tugas Kampus yang Overload?

Last updated on 13 Nov 2017

Artikel 3 flickr.com.jpg Sumber: flickr.com

Oleh Nurchalimah

Meskipun universitas dan SMA sama-sama menjadi tempat menimba ilmu tapi faktanya kondisi keduanya sangat berbeda. Saat di SMA mungkin kamu lebih pasif dan guru memiliki peran yang cukup besar dalam mengatur pola belajarmu. Di SMA, kamu masih akan ditegur saat tidak mengerjakan tugas atau bahkan guru akan mengingatkanmu untuk mengerjakan tugas.

Nah, hal-hal seperti ini tidak akan kamu temui saat kuliah. Kamu sepenuhnya bertanggung jawab atas tugas-tugasmu di kampus. Selain itu jumlah tugas kuliah akan lebih banyak dibandingkan di SMA. Karena itulah penting bagi kamu untuk mengatasi tugas-tugas kampus yang bejibun dan antri minta diselesaikan secara efektif. Yuk simak beberapa cara untuk mengatasi tugas kampus yang overload berikut ini:

1. Persiapan Adalah Keharusan: Membuat To-do List & Time-table dan Gunakan Alarm Sebagai Pengingat

Persiapan yang baik sangatlah penting untuk menjalani kegiatan di kampus. Lebih baik jika kamu memiliki agenda untuk mencatat tugas dan kegiatan yang harus kamu lakukan. Kamu juga bisa membuat time-table untuk menetapkan target waktu dalam menyelesaikan tugas secara bertahap.

Misalkan di awal bulan kamu mendapat tugas untuk membuat esai dan deadline-nya adalah di akhir bulan:

  • Minggu pertama: Mengumpulkan dan membaca referensi serta membuat perencanaan pembuatan esai
  • Minggu kedua: Menyelesaikan draft pertama
  • Minggu ketiga: Menyelesaikan draft kedua
  • Minggu keempat: Finalisasi esai

Selain agenda, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone untuk mengatasi tugas yang overload sekaligus me-manage waktu. Set alarm mu sebagai pengingat untuk pengerjaan tugas, submit tugas ataupun aktivitas klub. Ini bisa menjadi cara alternatif saat kamu lupa membawa agenda lho.

2. Catatan Saat Belajar

Belajar tidaklah harus membaca buku secara keseluruhan. Kamu bisa melakukan teknik skimming dan mengambil poin-poin penting dalam setiap materi. Catat poin-poin penting dengan ringkas di buku lain atau menandainya langsung jika buku itu milikmu. Catatan-catatan ini akan membantumu menghemat waktu dalam belajar dan mengerjakan tugas kampus.

3. Jangan Menunda dan Manfaatkan Waktu Secara Efektif

Kebiasaan terburuk manusia adalah menunda pekerjaan. Sebisa mungkin hindari hal ini dan segera kerjakan tugasmu. Untuk mengerjakan tugas atau belajar tidaklah harus di dalam ruangan atau kamar. Saat berada dalam bus atau kereta, jika waktumu cukup maka gunakanlah untuk mencari bahan tugas dan membaca catatan-catatan yang sudah kamu buat sebelumnya.

4. Hindari Terlalu Banyak Bergabung Dengan Komunitas atau Klub

Bergabung ke komunitas dan klub memang sangat membantumu dalam bersosialiasi. Namun ingat tujuan utamamu di kampus bukan hanya untuk bersosialisasi. Lebih dari itu, kamu perlu menjaga prestasi akademik juga. Pilih saja beberapa komunitas atau klub yang memang sesuai dengan hobi atau visimu dan tetap fokus dalam menyelesaikan tugas kampus.

5. Jangan lupakan “Me Time”!

Sesibuk apapun aktivitas di kampus, jangan lupa untuk ”me time”. Kamu bisa melakukannya dengan menonton film favorit, membaca buku favoritmu, hang out bersama teman atau bahkan sekedar duduk santai di taman. Intinya, kamu harus me-refresh otak agar tidak jenuh dan tetap termotivasi untuk menjalani kegiatan kampus yang padat.

So, kamu siap berperang melawan tugas-tugas kampus?