Media
Language

7 Universitas Untuk Kamu yang Ingin Belajar Kedokteran di Eropa

Last updated on 02 May 2018

computer-1149148_960_720.jpg Sumber foto: Pixabay.com

Oleh Nurchalimah


Sedang mencari beasiswa untuk kuliah di Eropa? Hadiri "1st ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day" pada tanggal 26 Mei 2018 di Jakarta! Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, klik di sini.


Menjadi praktisi kesehatan merupakan salah satu karir yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan dari masa SD seringkali siswa yang ditanya cita-citanya apa akan menjawab menjadi dokter. Untuk mewujudkan mimpi ini jelas kamu membutuhkan tempat yang tepat untuk belajar tentang kedokteran kan?

Nah, berikut ini ada beberapa kampus dengan program studi kedokteran terbaik di Eropa yang bisa kamu pertimbangkan:

1. University of Oxford, Inggris

Membahas tentang program kedokteran, maka kamu tidak bisa mengabaikan University of Oxford. Universitas yang selalu menjadi saingan utama dari University of Cambridge ini menduduki peringkat kedua terbaik di dunia untuk program kedokteran. Pelatihan kedokteran di universitas ini setidaknya memakan waktu sekitar 6 tahun. Di mana 3 tahun pertama untuk mendapatkan gelar BA di Ilmu Medis sebelum akhirnya mendapatkan gelar sarjana kedokteran dan sarjana bedah.

2. University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris dan Eropa. Bahkan program kedokteran di universitas ini menduduki peringkat ketiga di kategori sekolah kedokteran tahun 2018 ini. Universitas ini memiliki Kampus Biomedical Cambridge yang merupakan salah satu pusat pendidikan kedokteran, klinik praktek dan riset biomedical terbesar serta terbaik di Eropa. Standarnya, kamu bisa menyelesaikan pendidikan kedokteran di universitas ini dalam waktu sekitar 6 tahun.

3. Karolinska Institute, Swedia

Universitas yang berlokasi di Solna ini merupakan salah satu universitas kedokteran terbesar dan terbaik di Swedia. Karolinska Institute diketahui selalu menerima penghargaan nobel di bidang kedokteran dan psikiologi setiap tahunnya. Universitas yang berdiri tahun 1810 ini secara konsisten selalu masuk ke dalam 50 besar universitas terbaik di dunia. Meskipun program utama kedokteran diajarkan menggunakan bahasa Swedia secara keseluruhan, namun pihak universitas juga menawarkan program master global yang diajarkan dalam bahasa Inggris.


Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Beasiswa LPDP Program Dokter Spesialis di sini.


4. University College London, Inggris

Salah satu universitas terbaik di Inggris ini menduduki peringkat ke-10 untuk program kedokterannya. Sistem imun dan adrenalin merupakan dua contoh penemuan yang dihasilkan oleh universitas ini. Belajar di sini berarti kamu akan ada di pusat kota London sehingga memudahkan kamu untuk mengakses tempat magang atau tempat kerja. Beberapa tokoh kesehatan yang merupakan alumni dari UCL adalah Josephine Barnes (presiden perempuan pertama dari Asosiasi Kedokteran Inggris), Hugh Owen Thomas hingga Ben Goldacre.

5. LMU Munich, Jerman

Ludwig-Maximilians-Universitat (LMU) Munich menempati peringkat ke-34 menurut Times Higher Education 2018. Universitas ini merupakan salah satu universitas di Jerman yang dikenal secara global. Layanan riset di kampus ini mendukung para peneliti secara menyeluruh mulai dari konsultasi, pendanaan, administrasi hingga aspek legal dari proyek yang dilakukan.

6. Technical University of Munich, Jerman

Meskipun TUM terbilang sebagai salah satu kampus kedokteran termuda di Jerman, tapi kamu tidak bisa meremehkan universitas yang satu ini. Technical University of Munich secara aktif berkolaborasi dengan lebih dari 20 rumah sakit dan klinik untuk proses pengajaran. Dalam area universitas sendiri, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas modern untuk fakultas kedokteran termasuk 24 klinik dan 18 institut yang membuat mahasiswa bisa lebih fokus pada riset dan proses belajar secara langsung.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


7. KU Leuven – University of Leuven, Belgia

Fakultas kedokteran di KU Leuven telah diikutsertakan dalam proyek dan jaringan internasional di mana mereka termasuk bagian dari Grup Sains Biomedical. Selain itu, pihak universtas juga berkolaborasi dengan sebuah rumah sakit sehingga biasanya mereka memiliki grup mahasiswa internasional yang konstan. Riset menjadi salah satu fokus utama dari spesialis di KU Leuven.

Selain tujuh universitas di atas, nyatanya masih ada beberapa universitas yang memiliki program kedokteran terbaik seperti University of Edinburgh (Skotlandia), University of Copenhagen (Denmark), University of Barcelona (Spanyol), University of Helsinki (Finlandia), University of Groningen (Belanda), RWTH Aachen University (Jerman), Erasmus University Rotterdam (Belanda), Utrecht University (Belanda), Leiden University (Belanda), Humboldt University of Berlin (Jerman), hingga University of Amsterdam (Belanda).

Universitas mana yang menjadi pilihanmu?


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa dengan program studi Medical & Health Sciences, klik di sini.