Media
Language

5 Sekolah Manajemen Perhotelan Unggulan di Swiss

Last updated on 05 Jul 2018

photo-1463078488370-efa8ff1efb34.jpeg Photo by Philipp Dubach via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Industri perhotelan kian tumbuh pesat dengan menjamurnya lokasi-lokasi wisata baru di dunia yang membutuhkan resor, mes, dan hotel.

Dampaknya, dalam beberapa dekade ini kebutuhan industri perhotelan akan tenaga kerja yang profesional dan berpendidikan tinggi pun meningkat. Selaras dengan program studi manajemen perhotelan yang semakin digemari dan populer di banyak kalangan.

Salah satu negara tujuan adalah Swiss yang telah dikenal sebagai rumah bagi studi perhotelan.

Berikut ini EHEF.ID sajikan rekomendasi 5 sekolah unggulan dengan jurusan manajemen perhotelan di Swiss!


Untuk daftar universitas di Swiss, klik di sini.


1. Ecole Hôtelière de Lausanne (EHL)

EHEL bukan sekedar Sekolah Manajemen Perhotelan biasa karena sekolah satu ini telah memiliki sejarah panjang bermitra dengan industri perhotelan Swiss.

Berarti, umumnya mahasiswa bisa magang dan bekerja dengan fasilitas perhotelan kelas dunia yang bermitra dengan EHL.

EHL sendiri merupakan sekolah manajemen perhotelan pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1893. Sekolah ini menawarkan kebutuhan industri dengan kurikulum berbasis perhotelan Swiss dan internasional.

Tidak hanya itu juga bahkan tersedia program master class khusus Culinary Arts.

Nah, sebagai mahasiswa asing kamu gak perlu khawatir! Karena EHL memiliki siswa berasal lebih dari 100 kebangsaan. Sekolah ini juga telah diakreditasi oleh NEASC dan AAQ yang merupakan lembaga standarisasi internasional untuk pendidikan tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pusat kota Lausanne yang berjarak 8 km dari kampus. Kamu bisa bermain skateboarding disini karena Lausanne dikenal sebagai ibu kota Eropa untuk skateboarding dan blading. Atau menikmati tarian ballet.

Lihat informasi Ecole Hôtelière de Lausanne (EHL) disini

2. Glion Institute of Higher Education

Berbasis di kota Montreux, Glion Institute of Higher Education telah memiliki reputasi baik sebagai sekolah manajemen perhotelan di Swiss dan dunia.

Terbukti dengan penganugerahan sebagai the Best Hopitality Management School 2015 dan Best Innovation in An Educational Program 2016 pada ajang Worldwide Hospitality Awards di Paris.

Sama seperti EHL, sekolah ini memiliki keragaman mahasiswa asing yang cukup besar dengan mayoritas mahasiswanya berasal dari 90 kebangsaan.

Dari segi karir, Glion Institute menawarkan kesempatan magang di lebih dari 60 negara yang bermitra dengannya dengan setiap mahasiswa mereka setidaknya mendapatkan 5 tawaran magang.

Glion Institute sendiri memiliki kampus utama di Swiss dan satu kampus di London. Mereka juga menawarkan program kursus online.

Jika memilih menempuh studi di Montreux, kamu bisa datang ke acara musik tahunan di kota tersebut yang diselenggarakan di Danau Jenewa, yaitu Montreux Jazz Festival. Festival jazz ini sendiri yang terbesar ke dua di dunia, loh! Keren banget kan.

Lihat informasi Glion Institute disini


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Swiss


3. Les Roches International School of Hotel Management

Les Roches merupakan salah satu sekolah manajemen perhotelan unggulan di Swiss yang juga terakreditasi NEASC. Kampus utamanya sendiri terletak di Swiss, dan tersebar di Spanyol, Amerika, dan Cina.

Berdasarkan QS World University Ranking, Les Roches menempati posisi ketiga sebagai sekolah dengan reputasi tenaga kerja yang baik di dunia dan posisi ketiga juga untuk sekolah di Swiss terbaik untuk jurusan manajemen perhotelan.

Berlokasi di wilayah Valais, kamu bisa menikmati pemandangan alam sambil bermain ski di The Matterhorn, Zermatt

Lihat informasi Les Roches disini

4. Swiss Hotel Management School (SHMS)

SHMS berlokasi di bekas hotel tradisional bernama Swiss Palace di Caux dan Laysin. Sekolah ini menawarkan program manajemen hotel, resor dan/atau Events Management dengan pendekatan pembelajaran ‘Learning by Doing’.

Jika studi di SHMS, kamu akan merasakan langsung proses pembelajaan dengan fasilitas ternama, misalnya tersedia ruang perjamuan mewah, teater besar, dan aneka spa, misalnya ruang sauna.

SHMS juga menawarkan lingkungan belajar yang unik dan berfokus pada tren global. Menjadikan lulusannya dapat membuat dan menganalisis strategi bisnis dan kepemimpinan operasional.

Jangan lupakan pemandangan memukau selama kamu berkuliah di SHMS. Kampus Caux Palace menawarkan lanskap indah Swiss Riviera sementara kampus Leysin bertempat di pegunungan Alpen.

Lihat informasi Swiss Hotel Management School disini!


Universitas Populer di Swiss: ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)


5. Cèsar Ritz Colleges

Sekolah ini menawarkan program yang beragam, mulai dari gelar diploma hingga tingkat magister.

Bahkan jika kamu menempuh studi sarjana bisa mendapatkan gelar ganda melalui kemitraan bersama universitas di Amerika, yaitu University of Washington.

Beberapa program yang bisa kamu pilih, antara lain:

  • Program Diploma Manajemen Perhotelan dan Pariwisata;
  • Program Sarjana Bisnis Internasional di Manajemen Perhotelan dan Pariwisata;
  • Program Sarjana di Manajemen Bisnis Perhotelan, Washington State University;
  • Program Magister Bisnis Internasional di Manajemen Perhotelan dan Pariwisata; dan
  • Program Magister Manajemen Perhotelan Internasional.

Di swiss sendiri, Cèsar Ritz Colleges berlokasi di wilayah Lucerne. Wilayah ini sangat terkenal dengan atraksi paralayang di Danau Lucerna. Atau kamu juga bisa sekedar mengitari danau dengan kapal pesiar.

Pokoknya kamu bisa bersantai sambil menikmai lanskap yang sangat memukau, deh selama studi di kampus ini!

Lihat informasi Cèsar Ritz Colleges disini!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Swiss, klik di sini.