Media
Language

5 Resep Simpel dan Terjangkau Untuk Mahasiswa

Last updated on 26 Apr 2018

Artikel 10.jpg Sumber: flickr.com

Oleh Nurchalimah

Makanan adalah salah satu aspek terpenting bagi setiap orang. Sayangnya makanan sering menjadi masalah bagi para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di luar negeri. Jauh dari rumah, tidak bisa memasak dan juga perbedaan selera serta bahan-bahan makanan membuat mahasiswa kesulitan dalam beradaptasi dengan makanan lokal di negara mereka menempuh studi.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah makanan ini adalah dengan menyiapkan makanan sendiri. Nah, berikut ini ada 5 resep simpel dan murah yang bisa kalian coba:

Omelet

Makanan pertama yang sangat mudah dibuat dan memiliki nutrisi cukup adalah omelet. Makanan berbahan dasar telur ini bisa kalian kreasikan menjadi bermacam-macam bahan mulai dari paprika, bayam, daging hingga keju.

  1. Kocok dua butir telur dan garam dalam wadah lalu sisihkan.
  2. Panaskan minyak dalam penggorengan (teflon), kemudian masukkan paprika atau cabe merah yang sudah dipotong-potong.
  3. Masukkan potongan bawang bombay dan tumis hingga layu.
  4. Tuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam Teflon dan masak dengan api sedang.
  5. Taburkan ham dan keju di permukaan omelet kemudian masak lagi hingga matang.

Langkah terakhir, tambahkan potongan tomat atau roti di bagian atas sebagai pelengkap dan omelet siap dinikmati.

Pasta dan Buncis

Menu kedua ini khusus untuk kalian yang ingin mencoba menu vegetarian.

Siapkan bahan-bahan seperti sekaleng buncis, 1 buah bawang berukuran kecil potong dadu, saus pasta, dan pasta instan. Rebus pasta hingga siap untuk di masak (ikuti petunjuk memasak di kemasan pasta instan). Tiriskan pasta tadi kemudian tambahkan saus pasta, buncis dan potongan bawang. Campur semua bahan tadi dan masak kembali dengan api kecil sampai bawang matang.

Voila! Pasta dan buncis yang menyehatkan siap untuk dinikmati.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan bergizi yang wajib kalian coba saat jauh dari rumah. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup masak semangkuk oatmeal dengan susu atau air, kemudian tambahkan buah seperti pisang misalnya.

Jangan lupa tambahkan sedikit kayu manis atau kismis untuk menambahkan rasa dan aroma. Oatmeal plus pisang siap untuk kalian nikmati sebelum memulai hari yang melelahkan.

Cannoli French Toast

Roti menjadi salah satu sumber karbohidrat yang bisa kalian andalkan. Kalian bisa mencoba membuat Cannoli French Toast sebagai menu sarapan. Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah.

  1. Masukkan gula pasir halus dan keju ricotta ke dalam mangkuk kecil lalu campur sampai rata. Kemudian di mangkuk lain, kocok dua butir telur dengan ½ cangkir susu cair.
  2. Siapkan 12 potong roti sandwich lalu pipihkan menggunakan rolling pin. Lalu tambahkan satu sendok adonan keju ricotta dan gula tadi ke atas roti sandwich secara merata. Kemudian lipat roti dan tekan pada bagian pinggirnya.
  3. Panaskan dua sendok makan minyak zaitun di wajan atau teflon. Kemudian celupkan potongan sandwich ke dalam campuran telur dan letakkan di atas wajan atau Teflon. Masak hingga warnanya menguning (kira-kira 3 menit).

Canoli French Toast siap untuk dinikmati bersama sirup ataupun gula halus!

Nasi Goreng

Makanan sejuta umat ini sangat populer di Indonesia. Kalian yang sedang menempuh studi di luar negeri pasti sangat merindukan masakan yang satu ini. Kabar baiknya, di negara manapun kalian masih bisa menyiapkan nasi goreng dengan mudah.

Kalian hanya membutuhkan nasi, bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai, garam, penyedap rasa, dan kecap), serta bahan pelengkap lain (telur, daging, udang, dan sayur). Khusus untuk bumbu, kalian juga bisa membeli bumbu instan yang banyak di jual di pasaran, atau kalian juga bisa membawanya dari Indonesia.

  1. Panaskan minyak di wajan dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan atau diiris (khusus bumbu instan, kalian bisa memasukkan bumbu setelah nasi dimasukkan).
  2. Masukkan sayur kemudian baru telur atau daging. Biarkan sedikit layu, baru kalian bisa memasukkan nasi ke dalam wajan. Aduk bumbu, bahan pelengkap dan nasi hingga merata. Tambahkan penyedap rasa dan kecap jika suka.

Selamat menikmati nasi goreng ala-ala kalian ya!