Media
Language

3 Kota Pelajar Untuk Kalian yang Ingin Kuliah di Belanda

Last updated on 20 Apr 2018

Artikel 11 Feb 2018 Amsterdam.jpg Amsterdam, The Netherlands (Photo by Javier M. on goodfreephotos.com)

Oleh Nurchalimah

Jika kuliah dii Eropa, negara mana yang akan kalian tuju? Faktanya hampir setiap negara di Eropa memiliki keunggulan masing-masing di luar kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan. Nah, Belanda adalah salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia lho.

Kamu tidak percaya? Faktanya, setiap tahun sekitar 1.200 orang Indonesia melanjutkan studinya di Belanda. Wow angka yang tidak sedikit kan? Kamu berminat untuk kuliah di Belanda juga? Yuk simak 3 kota pelajar untuk kalian yang ingin kuliah di Belanda berikut ini:


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Belanda, klik di sini.


1. Amsterdam

Kota pelajar pertama di Belanda yang bisa kamu pertimbangkan adalah Amsterdam. Kota ini menjadi satu-satunya kota di Belanda yang masuk dalam jajaran 100 kota pelajar terbaik di dunia tahun 2017 dengan menempati posisi ke 36. Bahkan di Eropa sendiri, Amsterdam masuk dalam 15 besar kota pelajar lho. Selain itu University of Amsterdam juga menempati peringkat ke 59 untuk universitas terbaik di dunia dan peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Belanda di tahun 2018 ini.

Kota ini mendapat predikat sebagai kota dengan kombinasi sempurna. Di Amsterdam, kalian bisa merasakan atmosfer tinggal di kota besar namun tetap ada “feel” kota kecilnya. Dengan tinggal di Amsterdam, kalian akan merasakan kenyamanan meskipun faktanya kota ini adalah ibukota Belanda dan menjadi pusat bisnis serta keuangan. Selain feel kota kecil dan kenyamanan, Amsterdam juga menjanjikan kehidupan malam yang luar biasa, beragam museumyang bisa dikunjungi dan berbagai hal menarik lainnya yang didekorasi dengan kanal dan sentuhan arsitektur keren.


Universitas populer di Belanda: Vrije Universiteit (VU) Amsterdam


2. Groningen

Artikel 11 Feb 2018 Groningen.jpg Photo by Cat2307 on pixabay.com

Kota selanjutnya yang bisa dikategorikan sebagai kota pelajar di Belanda adalah Groningen. Di kota ini, ada universitas tertua ketiga di Belanda yaitu University of Groningen yang menempati ranking ke 83 di daftar universitas terbaik di dunia tahun 2018 (menurut THE). Selain itu University of Groningen juga menempati peringkat ke 7 sebagai universitas terbaik di Belanda tahun 2018.

Jika kalian mencari kota di mana pelajar asing atau lokal mudah untuk ditemui maka kota Groningen bisa menjadi pilihan. Total sekitar 30% dari total penduduk Groningen berstatus sebagai pelajar lho. Jadi kalian tidak akan kesulitan bersosialisasi atau bertemu dengan siswa lain di seluruh kota. Selain itu, Groningen juga dinobatkan sebagai kota paling ramah sepeda di seluruh dunia. Sempurna banget kan?


Ingin kuliah di Belanda dengan Beasiswa LPDP? Klik di sini untuk mengetahui berbagai program beasiswa yang ditawarkan LPDP.


3. Rotterdam

Artikel 11 Feb 2018 Rotterdam.jpg Photo by fridzema on pixabay.com

Kota pelajar selanjutnya adalah Rotterdam. Meskipun kota ini tidak memiliki mahasiswa internasional sebanyak Amsterdam, tapi Rotterdam memiliki populasi budaya yang beragam dan vibe ramah terhadap pelajar. Selain itu Rotterdam juga menjadi rumah bagi Erasmus University Rotterdam.

Di Rotterdam bisa dibilang kehidupan sosial terletak tepat di depan pintu kamarmu. Hal ini karena mahasiswa internasional tinggal di asrama kampus, di mana ada banyak sekali club dan bar di sekitarnya. Jadi kalian lebih mudah untuk bersosialisasi dengan warga atau mahasiswa lokal dan asing. Selain itu, meskipun biaya hidup di Rotterdam dan Amsterdam tidak berbeda namun biaya sewa di Rotterdam lebih murah jika dibandingkan dengan Amsterdam. Kalian juga bisa dengan mudah menemukan spot untuk belajar di setiap sudut kota.

Selain ketiga kota tadi, sebenarnya masih ada beberapa kota lain yang difavoritkan oleh pelajar internasional seperti Leiden, Utrecht, Nijmegen dan lain sebagainya. Setiap kota memiliki keunggulan masing-masing yang bisa menarik mahasiswa lokal dan asing.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Belanda


Nah, jadi kota pelajar mana yang menjadi pilihan kalian? Ayo bagikan komentar dan opini kalian di sini..

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belanda, klik di sini.