Media
Language

3 Fakta Tentang Denmark yang Membuatmu Makin Ingin Kuliah di sana

Last updated on 17 Aug 2018

Artikel 10.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Dwi Septianingsih

Denmark adalah salah satu negara di Eropa yang dapat teman-teman jadikan sebagai tujuan dalam mencari ilmu. Terdapat berbagai macam keunikan yang terdapat di negara beriklim sejuk ini, dan berikut ini tiga fakta menarik tentang Denmark yang perlu teman-teman ketahui. Dijamin, setelah ini teman-teman makin ingin sekolah disana!

1. Biaya Pendidikan di Denmark Digratiskan oleh Pemerintah

Warga Denmark bisa menikmati pendidikan gratis mulai dari jenjang pendidikan sarjana, pasca sarjana, bahkan kedokteran. Tidak hanya itu, mahasiswa juga berhak mendapat fasilitas perawatan secara gratis dan berkualitas. Meski fasilitas pendidikan gratis ini hanya berlaku untuk mahasiswa dari negara EU/EEA dan Swiss, teman-teman dari Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya di Denmark juga bisa merasakan fasilitas kuliah gratis, lho!

Berikut ini daftar program beasiswa yang bisa teman-teman dapatkan, diantaranya:

Danish government scholarships for highly qualified non-EU/EEA students

Program beasiswa ini fokus pada program sarjana dan magister yang diperuntukkan bagi pelajar di seluruh dunia, kecuali wilayah Uni Eropa, Area Ekonomi Eropa, dan Swiss. Beasiswa yang disediakan adalah beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Artinya, beasiswa dari pemerintah Denmark ini diberikan dalam bentuk keringanan biaya kuliah dan/atau bantuan sebagian atau keseluruhan biaya hidup.

Beasiswa ini sepenuhnya diurus oleh institusi pendidikan tinggi Denmark, merekalah yang akan melakukan proses seleksi kandidat penerima beasiswa. Berbeda dengan persyaratan beasiswa Jerman, persyaratan beasiswa Denmark terhitung cukup sederhana. Pelajar harus terrdaftar dalam program pendidikan tinggi (full degree), dan menunjukan izin tinggal untuk studi di Denmark.

Doctorate Scholarship (PhD position) in Danish Institutions of Higher Education

Program ini merupakan program 4 tahun dimana sepanjang waktu tersebut teman-teman akan diminta untuk melakukan penelitian dan menulis disertasi. PhD disini tidak dianggap sebagai sebuah studi, melainkan sebuah riset serius. Seringkali, pelajar yang mengikuti program ini juga menerima gaji dari hasil penelitian mereka. Wah, sepertinya seru juga, ya!

Daftar berikut adalah posisi peneliti yang sedang dibutuhkan di universitas ternama di Denmark. Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman juga dapat mengakses situs resmi universitas berikut ini:

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Denmark ini juga bisa teman-teman dapatkan di situs resmi Study in Denmark. Ada baiknya jika teman-teman mulai rajin mengumpulkan infromasi, terutama mengenai program beasiswa Erasmus+, dimana program ini banyak direkomendasikan untuk mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Eropa.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mempelajari Bahasa Denmark sebelum menjemput beasiswa di Eropa, teman-teman bisa belajar di sini atau di sini. Belajar online ini gratis dan efektif juga, lho. Sebelum memutuskan untuk belajar, teman-teman bisa membuka websitenya terlebih dulu untuk mencari tahu.

2. Warga Denmark Menikmati Iklim Sejuk

Bila nanti teman-teman berkesempatan untuk sekolah di sana, teman-teman akan merasakan bahwa cuaca di Denmark cenderung hangat dan udaranya sejuk. Ini terjadi karena pada saat musim dingin, di Denmark lebih sering hujan. Perlu diketahui juga bahwa suhu rata-rata tahunan di Denmark adalah 15.8 °C.

3. Denmark Mempunyai Salah Satu Pantai Surfing Terbaik

Denmark mempunyai tempat untuk surfing/berselancar bernama Cold Hawaii. Cold Hawaii merupakan salah satu pantai terbaik yang banyak dingunjungi turis saat musim panas untuk melakukan windsurfing, surfing, dan kite surfing. Sayangnya, lokasi surfing ini sangat tidak disarankan untuk pemula. Tapi, tidak perlu khawatir. Teman-teman tetap bisa menikmati pesona Cold Hawaii dengan mengunjungi Klitmoller, yakni desa nelayan kecil yang memiliki reputasi dunia sebagai sarang peselancar internasional.